Sergio Aguero dan Pemain Timnas Indonesia U-23 Langsung Bela Messi

Lionel Messi saat melepaskan tembakan dalam laga lawan Islandia di Moskow, Sabtu (16/6/2018). Foto : Facebook FIFA World Cup

Lionel Messi menjadi sorotan setelah gagal mencetak gol lewat titik putih, yang membuat Argentina ditahan imbang Islandia 1-1 di Moskow, Sabtu (16/6/2018) malam WIB.

Penampilannya pun dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo yang juga mengeksekusi penalti saat Portugal menahan imbang Spanyol 3-3.

Ronaldo sukses menyelesaikan tugasnya, bahkan membuat dua gol lagi padahal hanya empat kali melepaskan tembakan. Sementara Messi yang sebelas kali melepaskan tembakan malah tak membuat gol.

Bagi Messi, tentu ini jadi masalah besar. Ia adalah pemain dunia yang selalu jadi sorotan dan terbiasa menjadi bintang dalam sebuah pertandingan. Utamanya saat berbaju Barcelona bermusim-musim.

Namun satu kesalahan tak berarti mengubah pendangan rekan dan penggemarnya. Sergio Aguero yang mencetak satu gol untuk Argentina pun membela Messi. Ia menilai semua pemain punya kemungkinan membuat kesalahan.

“Leo normal, dia manusia,” terang Aguero kepada TyC Sport, seperti dilansir Scoresway. “Hari ini kita harus bersamanya, kita tahu bahwa setiap saat dia bisa menentukan pertandingan,” lanjutnya

“Pertandingan pertama selalu sulit. Argentina ingin menang melawan semua orang. Saya harap pertandingan Kroasia bisa lebih baik,” tuturnya.

Hal sama juga diungkapkan pemain Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa. Sebagai fans dan sesama pemain bola, ia berharap para pecinta bola tak langsung menghukum Messi. Hal itu diungkapkan penggawa Timnas Indonesia U-23 dalam laman instagramnya.

“Semua orang mungkin berpikir mengambil tendangan penalti itu mudah dan gampang karena hanya berhadapan dengan gawang dan kiper dengan jarak yang sangat dekat, tetapi itu semua salah, mengambil tendangan penalti membutuhkan mental yang luar biasa dan tidak mudah sekali mengambil penalti, Tetap semangat #MessiJugaManusia #VamosArgentina,” tulis Rezaldi.

Raihan satu poin tak serta merta meruntuhkan peluang Argentina ke fase berikutnya. Argentina tentu akan sangat termotivasi untuk memenangkan pertandingan saat bersua Kroasia pada Jumat (22/6/2018) dan Nigeria pada Rabu (27/6/2018) mendatang.

Kuncinya mereka harus segera bangkit. Termasuk Lionel Messi yang kini mulai dibanding-bandingkan dengan penampilan Cristiano Ronaldo. Menurut catatan Opta, Messi melepaskan sebelas tembakan dan tak berbuah satu gol pun.

Sementara Ronaldo sukses menyumbang tiga gol hanya berbekal empat tembakan. Ronaldo pun untuk kesekian kalinya sukses menyelamatkan Portugal. Portugal menahan imbang Spanyol 3-3.

Nofik Lukman Hakim