Julen Lopetegui Terbebani dengan Ekspektasi Tinggi Real Madrid?

Pelatih Julen Lopetegui. Foto: Twitter Julen Lopetegui

Real Madrid akrab sebagai klub penuntut. Pelatih anyar Real Madrid, Julen Lopetegui pun berkomentar tentang tuntutan Los Merengues. Ia memilih untuk tidak terbebani dengan tuntutan tim sekelas Real Madrid.

Ia menilai bahwa keakrabannya dengan tuntutan dan ekspektasi klub  menjadi keuntungan bagi peluangnya untuk sukses.

Zinedine Zidane meninggalkan kursi pelatih di Real Madrid selepas kemenangan Liga Champions akhir Mei lalu.

Seminggu kemudian, Real Madrid mengumumkan pelatih anyarnya. Sosok tersebut adalah Julen Lopetegui yang saat itu masih menjadi pelatih Timnas Spanyol.

Lopetegui kemudian diumumkan menjadi pengganti Zidane saat dua hari menjelang Piala Dunia. Sayangnya sehari kemudian, ia dipecat sebagai pelatih Timnas Spanyol. Lopetegui sekarang sepenuhnya fokus pada upaya untuk  menggantikan Zidane.

Lopetegui pernah beragung dengan klub ibukota ini sebagai pemain dan pelatih tim ‘B’ Real Madrid Castilla. Pria berusia 51 tahun itu yakin dia memiliki awal yang baik.

“Tanpa ragu-ragu itu adalah keuntungan untuk mengetahui klub, esensi, ‘Madridismo’ [penggemar Madrid] dan apa yang diinginkan  para penggemar. Karena, selain menang, ada kode yang diminta yang selalu ada dan penting. Itulah kebanggaan Real Madrid,” kata Lopetegui pada situs resmi klub.

Satu perbedaan utama antara Lopetegui Madrid dan Zidane adalah kurangnya Cristiano Ronaldo. Seperti diketahui Ronaldo pindah ke Juventus dalam kesepakatan  112 juta euro.  Namun demikian, Lopetegui tampaknya tidak terpengaruh oleh keluarnya Ronaldo. Ia bersikeras klub dalam kondisi yang baik untuk bersaing.

“Kami memiliki tim yang luar biasa. Saya telah berada di Valdebebas [pusat pelatihan Madrid] dan tidak ada kata-kata untuk mendefinisikannya. Tidak ada kata-kata untuk mendefinisikan cinta yang saya rasakan. Saya berfokus pada pekerjaan pelatih, saya memiliki staf yang sangat baik. Kami akan memiliki tim yang hebat dan siap menghadapi semua tantangan dengan jaminan maksimal, ” jelasnya.