Belum Merumput di Juventus, Ronaldo Dihukum Dua Tahun Penjara dan Denda 19 Juta Euro

Cristiano Ronaldo saat tiba di Turin. Foto: Twitter Juventus

Bintang anyar Juventus, Cristiano Ronaldo, memang belum resmi merumput bersama klubnya tersebut. Namun, ia mesti menelan pil pahit.

Ronaldo resmi dijatuhi hukuman penjara dua tahun dan denda senilai 19 juta euro atau sebesar Rp 320 miliar. Hal itu tak lepas dari persoalan pajak dengan otoritas Spanyol.

Ronaldo mengaku bersalah atas empat tuduhan kasus penggelapan pajak antara 2011 dan 2014. Yakni ketika ia masih bermain untuk Real Madrid, dengan nilai total 14,7 juta euro.

Dilansir EFE, jumlah itu berkurang dalam pengakuan bersalahnya hingga 5,7 juta euro. Meski demikian, dengan mempertimbangkan denda, bunga, dan biaya lainnya, jumlah itu naik menjadi 19 juta euro.

Awalnya, Ronaldo dan perusahaan manajemennya, Gestifute menolak tuduhan tersebut. Namun, setiap mendapat pertanyaan mengenai masalah itu, Ronaldo mendadak gugup.

Ronaldo yang gerah, beberapa kali menulis sanggahan di media sosial.

“Jangan coba merusak momen indah yang saya jalani dengan berita palsu”

“Saya melakukan hal yang benar dan akan terus melakukannya,” tulis Ronaldo, beberapa waktu lalu.

Namun, Ronaldo tak akan menghabiskan waktunya di penjara. Hukuman penjara Ronaldo tidak akan dibuat efektif.

Hanya saja, bukan berarti ia bisa bernafas lega. Sebab, berdasarkan hukum Spanyol, jika ia kembali menyinggung masalah itu selama masa hukuman, ancaman penjara masih terbuka buat dirinya.

Kasus yang menimpa Ronaldo ini hampir sama dengan apa yang dialami rivalnya, Lionel Messi. Beberapa waktu lalu, Messi dan ayahnya, Jorge, dijatuhi masing-masing hukuman penjara 21 dan 15 bulan akibat kasus penipuan pajak.

Tak hanya Ronaldo dan Messi, beberapa bintang sepakbola lain seperti Alexis Sanchez dan Javier Mascherano pernah tertimpa kasus yang sama.

Chrismansyah Prayogo