Mesut Ozil Undur Diri dari Timnas Jerman

Pemain berkebangsaan Jerman, Mesut Ozil telah mengkonfirmasi dia pensiun dari sepak bola internasional. Keputusannya ini terkait dengan kritikan Ozil yang bertemu dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelum Piala Dunia.

Ozil adalah pemain yang memiliki darah Turki. Pada Minggu (22/7), ia menegaskan bahwa pertemuannya dengan Erdogan sama sekali tak ada niatan politik.

Dalam pernyataan itu, Ozil mengecam DFB atas penanganan insiden tersebut. DFB menunjukkan pertemuan Erdogan telah dikutip secara tidak adil sebagai faktor dari kegagalan Jerman di Rusia 2018.

Surat panjang Ozil juga merespons tuduhan-tuduhan dari politisi-politisi Jerman dan beberapa penggemar. Ia menjelaskan bagaimana dia merasa bahwa akar-akar Turkinya telah diremehkan, perlakuan yang dia rasakan sama dengan rasisme.

Dan di bagian penutup dari pernyataan itu di kemudian hari pada hari Minggu, Ozil menegaskan dia tidak akan lagi tersedia untuk seleksi oleh pelatih Jerman Joachim Low. Di bagian akhir dari pengumumannya, pemain berusia 29 tahun itu menyatakan mundur.

“Ini dengan hati yang berat dan setelah banyak pertimbangan bahwa karena kejadian baru-baru ini, saya tidak lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional. dibilang masalah yang paling membuat saya frustrasi selama beberapa bulan terakhir adalah penganiayaan dari DFB, dan khususnya presiden Reinhard Grindel, ” ujar Ozil.

“Setelah foto saya dengan Presiden Erdogan, saya diminta oleh Joachim Low untuk mempersingkat liburan saya dan pergi ke Berlin dan memberikan pernyataan bersama untuk mengakhiri semua pembicaraan dan mengatur catatan lurus. Sementara saya mencoba untuk menjelaskan kepada Grindel warisan saya, leluhur dan karena alasan di balik foto itu, dia jauh lebih tertarik untuk berbicara tentang pandangan politiknya sendiri dan meremehkan pendapat saya, ” lanjutnya.

Playmaker memiliki 92 caps untuk negaranya. Ia mencetak 23 gol dan memainkan peran kunci keberhasilan Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil.