Sanksi Larangan AC Milan Bermain di Liga Europa Dicabut, Begini Penjelasan UEFA

Pemain AC Milan seusai laga. Foto: Twitter AC Milan

UEFA telah mengkonfirmasi AC Milan bakal bermain Liga Eropa 2018/2019. Menyusul keputusan Pengadilan Arbitrase untuk Sport (CAS)  yang menyatakan bahwa larangan mereka tidak sebanding dengan melanggar peraturan Fair Play Financial.

Pada bulan Juli lalu UEFA memberikan sanksi kepada AC Milan. Sanksi itu adalah larangan bermain di Liga Europa 2018/2019. Alasannya AC Milan melakukan pelanggaran Fair Play Financial.

Tak ingin begitu saja menerima keputusan itu, AC Milan melakukan banding ke CAS. Pihak CAS memutuskan bahwa hukuman UEFA tidak sebanding dengan pelanggaran yang dilakukan klub beralias Rossoneri ini.

Pembatalan CAS dari larangan itu tidak secara resmi bertindak sebagai pemulihan kembali ke kompetisi. CAS mendesak UEFA untuk menjatuhkan “ukuran disiplin proporsional”.

UEFA kemudian merilis pernyataan tentang situasi dan mengkonfirmasi Milan – yang menempati posisi keenam di Serie A musim lalu dan menjadi runner-up di Coppa Italia – akan diizinkan untuk bersaing dalam kompetisi musim depan, bergabung di babak penyisihan grup.

“AC Milan mengajukan banding keputusan ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), yang menegaskan pandangan bahwa telah terjadi pelanggaran peraturan. Namun, CAS mencatat bahwa ada beberapa elemen penting yang tidak dapat dinilai dengan baik oleh ruang pengadilan – paling signifikan perbaikan situasi keuangan klub sebagai akibat dari perubahan kepemilikan baru-baru ini, “ begitu pernyataan dari UEFA.

“Oleh sebab itu AC Milan dipulihkan ke Liga Eropa UEFA 2018-19 dan CAS merujuk kembali kasus ini ke majelis hakim untuk memutuskan tindakan disiplin yang tepat, “ lanjut pernyataan itu.