Ungkapan Kebanggan Luis Enrique Melatih Timnas Spanyol

Luis Enrique saat masih melatih Barcelona. Foto: Twitter Barcelona

Luis Enrique ditunjuk menjadi pelatih anyar Timnas Spanyol. Ia mengaku sangat senang dengan tantangan mengambil alih posisi tersebut.

Pelatih berusia 48 tahun itu meninggalkan Camp Nou pada akhir musim 2016/2017. Selama di Barca, ia  memenangkan tiga Copa del Rey, dua gelar LaLiga dan Liga Champions 2014/2015.

Luis Enrique mengambil pekerjaan di Spanyol sebagai pengganti  Julen Lopetegui  yang dipecat pada malam Piala Dunia. Julen Lopetegui dipecat sehari setelah diumumkan menjadi pelatih baru di Real Madrid.

Fernando Hierro menjadi pelatih sementara memimpin Spanyol di Rusia 2018. Namun, ia hanya bisa membawa Spanyol ke babak 16 besar pada adu penalti setelah dikalahna tuan rumah Rusia. Artinya ini menjadi Piala Dunia kedua yang mengecewakan bagi juara 2010.

“Saya sangat gembira, setelah mendapat kesempatan membela timnas dan menderita karenanya. Saya senang dan sangat gembira memiliki kesempatan untuk menjadi pelatih sekarang, “ kata Enrique kepada Cuatro seperti dilansir Soccerway.

Penunjukan Luis Enrique belum secara universal dipuji di Spanyol. Pasalnya para pengkritik menilai bahwa ia memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan media.

“Saya tahu bahwa kritik adalah sesuatu yang melekat pada posisi apa pun di negara kami dan saya siap untuk itu.  Saya akan memperlakukan Anda [media] sebagaimana Anda layak. Saya berusia 48 tahun dan sulit untuk berubah, saya senang dengan apa yang telah saya lakukan sejauh ini dan saya tidak akan berubah, “ kata dia.

Luis Enrique yang pernah menjadi pemain Barca ini dituduh anti-Madrid. Mengingat rivalitas kedua tim ini di La Liga. Tetapi Enrique enggan menanggapi berlebihan pendapat itu.

“Saya akan mengatakan kepada mereka bahwa saya sangat mencintai mereka (Real Madrid). Dan saya terbuka untuk memberikan versi terbaik saya, “ ujar Enrique.