Sven Goran Eriksson Bersama Eks Mitra Kukar Tangani Timnas Filipina

Wartawan media Enquirer, Cedelf P Tupas saat berjabat tangan dengan Sven Goran Eriksson. Foto : Twitter @cedelfptINQ

Pelatih asal Swedia Sven Goran Eriksson resmi menjadi nahkoda Timnas Filipina pada ajang Piala AFF 2018. Mantan pelatih Timnas Inggris ini dikontrak selama enam bulan dengan opsi perpanjangan.

Penunjukkan ini diumumkan Manajer Timnas Filipina, Dan Palami. Dia menyebut Eriksson akan menangani The Azkals pada ajang Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019.

Keberadaan Eriksson tak akan menggusur mantan pelatih Mitra Kukar, Scott Cooper. Justru Scott akan bekerja lagi bersama Eriksson. Keduanya pernah menjadi bagian tim Leicester Citu pada musim 2010/2011.

“Dengan reputasi, pengalaman dan pengetahuannya, tidak diragukan bahwa dia dapat membantu tim mencapai level lebih tinggi,” terang Palami dikutip dari media Filipina, Inquirer.net, Sabtu (27/10/2018).

Penunjukkan Eriksson jelas menjadi sinyal keseriusan Filipina menatap Piala AFF 2018. Dia mempunyai segudang pengalaman yang akan membantu Neil Etheridge dan kawan-kawan lebih berprestasi.

Sebelum menukangi Timnas Filipina, Eriksson lebih dulu menjadi bagian tim Benfica, AS Roma, Fiorentina, Sampdoria, Lazio, Manchester City, Leicester City, Shanghai SIPG dan terakhir Shenzhen FC. Eriksson juga pernah membesut Timnas Inggris, Meksiko dan Pantai Gading.

Nofik Lukman Hakim