5 Fakta Menarik Sepanjang Piala AFF 2018

AFF Suzuki Cup (AFF)

Piala AFF 2018 sudah dimulai sejak kamis (8/11). Gelaran dua tahunan ini langsung menjadi pusat perhatian di seluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Meski baru dua minggu berjalan, ada beberapa hal menarik dari Piala AFF 2018. Beberapa rekor pun terpecahkan di kompetisi yang sudah ada sejak tahun 1996 ini.

Berikut ini ada 5 fakta seputar Piala AFF 2018.

1. Thailand Paling Produktif

Thailand jadi tim paling produktif sejauh ini. Dari dua laga yang dijalani, mereka mampu menceploskan 11 gol ke gawang lawan.

Adisak Kraisorn menjadi penyumbang gol terbanyak tim Gajah Putih. Enam gol saat lawan Timor Leste plus satu gol saat lawan Indonesia jadi raihan striker 27 tahun ini.

Sedangkan tim paling “miskin” gol jatuh pada Kamboja dan Singapura. Kedua tim baru mencetak satu gol selama Piala AFF 2018 berjalan.

2. Vietnam Pertahanan Terbaik

Vietnam yang selama ini dikenal tim dengan penyerangan terbaik sedikit berubah di Piala AFF 2018. Juara Piala AFF 2008 ini tampil apik di lini belakang sejauh ini.

Mereka masih belum kebobolan dalam dua laga awal Piala AFF 2018 ini. Sisi penyerangan Nguyen Anh Duc dkk. pun tak kalah apik. Mereka sudah menggelontorkan lima gol sejauh ini.

Sedangkan tim dengan pertahanan terburuk jatuh pada Timor Leste yang sudah kebobolan 13 gol.

3. Kamboja Belum Pernah Menang Sejak Tahun 2002

Piala AFF 2018 adalah partisipasi ketujuh bagi Kamboja. Tapi ada catatan miris dibaliknya.

Kamboja belum pernah menang di Piala AFF sejak tahun 2002. Hingga dua laga yang mereka jalani di Piala AFF 2018, belum ada tanda-tanda kemenangan bagi anak-anak asuh Keisuke Honda.

4. Timor Leste Tim Termuda Sepanjang Sejarah Piala AFF

Timor Leste membuat keputusan mengejutkan jelang Piala AFF 2018. Mereka memutuskan membawa para pemain mudanya.

Padahal Timor Leste memiliki beberapa pemain senior yang mumpuni. Bahkana ada dua punggawa Timor Leste yang tampil di Eropa yaitu Marito Marcal (Irlandia) dan Kornelis Nahak Portela (Spanyol).

Rata-rata usia pemain Timor Leste adalah 20,56 tahun. Hal ini menjadikan Timor Leste jadi tim termuda sepanjang sejarah Piala AFF.

5. Beto Goncalves Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Piala AFF

Alberto Goncalves dinobatkan sebagai pemain tertua sepanjang sejarah Piala AFF. Beto berusia 37 tahun 10 bulan 8 hari saat bermain di Piala AFF 2018.

Beto memecahkan rekor pemain tertua di Piala AFF yang selama ini dipegang pemain Filipina, Paul Mulders. Mulders saat itu jadi pemain tertua dengan usia 37 tahun 9 bulan 23 hari.