Hasil Piala AFF 2018: Taklukan Timor Leste 3-2, Filipina Lanjutkan Tren Kemenangan

AFF Suzuki Cup (AFF)

Filipina sukses menaklukan tuan Timor Leste. Timor Leste sendiri menjamu Filipina di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia karena tidak memiliki stadion bertaraf internasional.

Di pertandingan ini bintang Filipina, Neil Etheridge diparkir di bangku cadangan. Michael Falkesgaard menggantikan posisi pemain Cardiff City ini.

Sedangkan Luke Woodland yang cedera parah di pertandingan sebelumnya digantikan oleh Daisuke Sato.

Filipina menutup babak pertama dengan penuh keyakinan. Skuad asuhan Sven Goran Eriksson unggul 2-0 berkat gol Phil Younghusband (27) dan Martin Steuble (33).

Di babak kedua Filipina memperbesar keunggulan di menit 68. Carli De Murga sukses mengoyak gawang Timor Leste yang dijaga Aderito Fernandes ketiga kalinya.

Meski defisit tiga gol, Timor Leste tak patah arang. Mereka mampu mengejar dua gol dalam waktu tiga menit.

Nataniel Reis memperkecil kedudukan di menit 73. Dua menit berselang, Joao Freitas kembali menghujam gawang Filipina yang dijaga Michael Falkesgaard.

Timor Leste yang mulai panas kembali menyerang pertahanan Filipina via Henriqe Martins dan Joao Freitas. Sayangnya anak-anak asuh Norio Tsukikate gagal menambah gol sampai wasit Amdillah Bin Zainuddin meniupkan peluit akhir pertandingan.

Filipina untuk sementara berada di peringkat dua di bawah Thailand. Sedangkan Timor Leste tak beranjak dari juru kunci dengan nol poin.