Profil Timnas Filipina: Ambisi Juara The Azkals Bersama Nahkoda Kawakan

Timnas Filipina (The Philippine Football Federation)

Filipina berambisi besar dalam gelaran Piala AFF 2018 ini. Langkah pertama mereka merekrut pelatih kenyang pengalaman, Sven-Goran Eriksson.

Tentu saja nama ini sudah tak asing bagi penikmat sepakbola dunia. Eriksson merupakan salah satu pelatih yang sudah malang melintang di berbagai klub maupun timnas.

Baru ditunjuk, Eriksson langsung menetapkan target tinggi yaitu gelar juara. “Saya menganggap Piala AFF 2018 adalah titik awal semua ambisi. Inilah saatnya Filipina membuktikan status sebagai raja di Asia Tenggara.” ungkap Eriksson yang dilansir dari Dantri.

Hal ini selaras dengan misi federasi sepakbola Filipina yang ingin menguasai Asia Tenggara. Langkah terbaik Filipina di Piala AFF sejauh ini hanya mentok di semifinal.

Mereka mampu melaju ke babak 4 besar di tahun 2010, 2012, dan 2014. Sedangkan di tahun 2016 lalu, Filipina yang menjadi tuan rumah justru keok di babak penyisihan.

Soal materi pemain tak perlu diragukan lagi kemewahannya. Timnas Filipina masih akan mengandalkan pemain-pemain naturalisasinya.

Nama-nama seperti duo Younghusband, Manuel Ott, Jovin Bedic hingga Martin Steuble masih akan menghiasi line up The Azkals. Sayangnya kiper andalan Neil Etheridge tak bisa bermain karena terbentur oleh jadwal Liga Inggris.

Bisakah skuad mewah Filipina yang dinahkodai pelatih kawakan menjuarai Piala AFF 2018?

Profil Singkat Filipina

Pelatih: Sven-Goran Eriksson

Kapten: Phil Younghusband

Pemain Bintang: Phil Younghousband, James Younghusband, Mike Ott

Ranking FIFA: 116