Profil Timnas Singapura: Membangunkan Kembali Singa yang Tertidur dengan Talenta Lokal

Timnas Singapura saat beruji coba melawan Myanmar. Foto: Official FAS Singapura

Singapura adalah salah satu tim tersukses di Piala AFF. Mereka sukses memenangkan empat gelar pada tahun 1998, 2004, 2007 dan 2012.

Raihan itu membuat Singapura ada di urutan kedua tim tersukses setelah Thailand. Sayangnya dalam dua edisi terakhir Piala AFF mereka terdampar di babak penyisihan.

The Lions yang tengah tertidur ini coba dibangunkan kembali oleh Federasi Sepakbola Singapura. Langkah pertama mereka adalah merekrut pelatih.

Fandi Ahmad, legenda hidup Singapura direkrut sebagai pelatih kepala. Nama Fandi cukup sukses di dunia kepelatihan di ASEAN, termasuk di Indonesia.

Kedatangan mantan pelatih Pelita Jaya ini membawa angin segar bagi pemain asli Singapura. Maklum, Singapura dikenal sebagai tim yang kerap memainkan pemain naturalisasi.

Fandi lebih mengandalkan pemain-pemain lokal seperti Izwan Mahbud, Khairul Amri hingga sang anak Irfan Fandi. Di Piala AFF 2018 ini Fandi hanya memasukkan satu pemain naturalisasi yaitu Jacob Mahler.

Sejauh ini persiapan Singapura cukup baik jika dilihat dari hasil pertandingan persahabatan. The Lions sukses memenangi empat laga dan sekali seri.

Akankah wajah baru Singapura ini mampu membangkitkan kembali prestasi mereka?

Profil Singkat Singapura

Pelatih: Fandi Ahmad

Kapten: Izwan Mahbud

Pemain Bintang: Baihakki Khaizan, Jacob Mahler, Khairul Amri, Shahril Ishak

Ranking FIFA: 181