Profil Timnas Thailand: Jalan Terjal Sang Juara Bertahan Pertahankan Gelar

Thailand (FA Thailand)

Timnas Thailand berhasrat mempertahankan gelar sekaligus menambah jumlah trofi di Piala AFF 2018 ini. Sebelumnya Thailand sudah merengkuh kesuksesan di tahun 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016.

Di edisi sebelumnya Thailand sukses mengalahkan Indonesia di final. Namun untuk melangkah jauh di gelaran ini, tim Gajah Putih bakal menemui jalan terjal.

Bergabung di grup B, mereka bertemu tim-tim tangguh seperti Indonesia, Filipina dan Singapura. Apalagi format kompetisi kali ini menggunakan sistem kandang tandang.

Selain itu beberapa pemain kunci akan absen di Piala AFF 2018 ini. Setidaknya 4 pemain andalan tak bisa bermain karena tidak mendapatkan ijin dari klub mereka.

Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo/Jepang), striker Teerasil Dangda (Sanfrecce Hiroshima, Jepang), bek sayap Theerathon Bunmathan (Vissel Kobe/Jepang), dan Kawin Thamsatchanan (OH Leuven, Belgia/kiper) tak dilepas oleh klub karena Piala AFF bukan turnamen resmi dari FIFA.

Padahal keempat pemain ini sukses membawa Thailand menjadi juara di 2 edisi sebelumnya. Pelatih Milovan Rajevac akhirnya memilih membawa banyak nama baru.

Chalermpong Kerdkaew, Tanaboon Kesarat dan Mongkol Thossakrai yang merupakan pemain senior akan menjadi mentor para juniornya di kompetisi ini. Thailand kali ini juga akan membawa pemain-pemain “rasa” Eropa.

Mereka adalah Mika Chunuonsee (Wales), Kevin Deeromram (Swedia), Manuel Tom Bihr (Jerman), dan Marco Ballini (Italia).

Bisakah Thailand mempertahankan gelar di tengah jalan terjal ini?

Profil Singkat Thailand

Pelatih: Milovan Rajevac

Kapten: Chalermpong Kerdkaew

Pemain Bintang: Charyl Chappuis, Marco Ballini, Chalermpong Kerdkaew, Tanaboon Kesarat

Ranking FIFA: 121