Chelsea Hukum Empat Suporter Terkait Aksi Rasisme Terhadap Raheem Sterling

Raheem Sterling (via @mancity)

Kemenangan Chelsea atas Manchester City lewat dalam ajang Liga Primer Inggris akhir pekan lalu, dinodai oleh dugaan tindak rasisme oknum suporternya. Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan suporter Chelsea menyerang winger City, Raheem Sterling secara verbal dengan kata-kata rasisme kala mengambil lemparan ke dalam.

Penyelidikan yang dilakukan internal Chelsea pada akhirnya membuktikan hal tersebut. Melalui laman resminya, The Blues pun mengkonfirmasi untuk menjatuhkan hukuman pada empat orang suporter yang mereka dakwa terlibat.

“Chelsea FC telah melarang empat orang untuk menghadiri laga Chelsea sementara investigasi lebih lanjut dilakukan terkait tingkah laku dari para suporter terhadap Raheem Sterling dalam laga melawan Manchester City pada Sabtu,” rilis laman resmi Chelsea.

Chelsea mendukung tindakan lebih berat untuk para pelaku. Sebagaimana komisi disiplin FA dan pihak kepolisian London yang juga tengah lakukan investigasi terhadap kasus ini.

“Penyelidikan kami akan masalah ini masih berjalan. Kami juga mendukung sepenuhnya penyelidikan dari pihak kepolisian dan semua informasi yang kami dapat akan kami teruskan ke mereka,” lanjutnya.

“Chelsea FC menganggap semua bentuk perilaku diskriminatif sebagai hal yang menjijikkan dan jika ada bukti pemegang tiket turut ambil bagian dalam perilaku rasis seperti apa pun, klub akan mengeluarkan sanksi berat, termasuk larangan masuk stadion.

“Kami juga sepenuhnya mendukung tuntutan pidana terhadap para pelaku,” tegasnya.

Chrismansyah Prayogo