Modal Latihan Satu Jam, Performa Persis Solo Diluar Ekspektasi

Kiper Persis Solo, Sukasto Efendi saat berupaya menghalau gelandang PSS Sleman, Ilham Irhas dalam laga celebration game di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (19/1/2019). Foto : Richie Setiawan

Modal latihan satu jam tak menjadi halangan bagi Persis Solo tampil maksimal. Laskar Sambernyawa cukup mendominasi permainan meski pada akhirnya kalah 0-1 dari PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (19/1/2019) sore.

Pada laga celebration game, Persis Solo memboyong 17 pemain. Mereka terdiri dari sepuluh muka lama dan tujuh pendatang baru. Sebagai tim yang baru sekali latihan, pemainan Persis Solo terbilang cukup kompak.

Kwartet Soni Setiawan, M Zaenuri, Susanto dan Andreantono Ariza membuat pertahanan kokoh. Sukasto Efendi sebagai penjaga gawang juga tampil lugas. Ada banyak peluang emas PSS Sleman digagalkan eks kiper Perseru Serui ini.

Sektor tengah lebih dominan, khususnya pada babak pertama. Trio Tegar Hening Pangestu, Heru Setiawan dan Imam Budi Hernandi begitu kompak menghentikan sektor tengah tuan rumah.

Azka Fauzi, Dedi Cahyono dan M Isa yang jadi juru gedor kerap merepotkan pertahanan PSS Sleman. Sayangnya dari sederet peluang yang didapat, Persis Solo gagal mencetak gol.

Tuan rumah baru terlihat dominan setelah Persis Solo melakukan rotasi. Ada tujuh pergantian yang dilakukan tim besutan Agus Yuwono. PSS Sleman mendapat gol kemenangan menit ke-78 lewat eksekusi penalti Sidik Saimima.

Pelatih Persis Solo, Agus Yuwono mengaku senang dengan pola permainan yang dikembangkan timnya. Para pemain bisa tampil bagus karena lebih enjoy dan menunjukkan kegembiraan.

Padahal sejatinya Persis Solo tanpa persiapan. 17 pemain ini baru ditemukan dalam sesi uji lapangan, Jumat (18/1/2019) sore. Latihan berjalan sekitar satu jam.

“Alhamdulillah meski kita kalah, minimal ada perubahan dari cara bermain Persis. Mudah-mudahan berikutnya ketika ada tambahan pemain baru, kita bisa lebih bagus lagi,” ucap Agus Yuwono kepada KAMPIUN.ID, Sabtu (19/1/2019) malam.

Pada pertengahan bulan depan Persis Solo akan memulai persiapan menatap kompetisi Liga 2 2019. Agus Yuwono mengatakan, Laskar Sambernyawa akan menggelar seleksi tertutup selama sepekan.

Nofik Lukman Hakim