Dua Kali Pertemuan, PSM Makassar Menang Sempurna Atas Kalteng Putra

Pertemuan PSM Makassar melawan Kalteng Putra di Piala Indonesia. Foto: Official PSM Makassar

Tampil sebagai tuan rumah, PSM Makassar memastikan diri merebut tiket ke babak 16 besar Piala Indonesia 2019. tiket emas ini diraih dari klu promosi ke Liga 1 asal Kalimantan, Kalteng Putra.

Di leg kedua babak 32 besar ini PSM menang  dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (3/2).

Hasi ini membuat PSM menang agregat 3-1, setelah di leg pertama di Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya pekan lalu, PSM menang 2-1 di kandang Kalteng Putra.

Gol tunggal Eero Pekka Sakari Markkanen, striker baru mereka di menit ke-68 memupuskan harapan tim debutan Liga 1 Kalteng Putra. Golnya lahir hasil umpan Taufik Hidayat dan berhasil disundul olehnya.

“Kita bisa saja cetak bola lebih dari satu karena ada kena tiang, tapi yang penting kita lolos,” ujar Eero Makkanen.

Hanya menang 1-0 membuat Asisten pelatih Imrah Amirullah belum puas dengan performa anak asuhnya.

“Masih ada kekurangan di tim, wing bek kiri kanan tak jalan jadi tak ada suplai bola ke depan,” ucapnya usai laga.

Dirinya juga mengaku sulit untuk menembus jantung pertahanan lawan lantaran Kalteng Putra bermain bertahan. Gelandang lawan menunggu di tengah dan mengandalkan serangan balik.

“Jadi kita kesulitan tembus di babak pertama, tapi babak kedua kita lakukan sedikit perubahan strategi dan itu bisa menghasilkan gol. Saya juga senang bisa cetak gol penentu kemenangan buat tim,” tambahnya.

Terpisah, Pelatih Kalteng Putra, Mario Gomez de Olivera, menilai pertandingan berlangsung seru.

“Pemain berjuang keras dan tadi laga seru saling serang kedua tim. Mereka tidak gampang menembus pertahanan kita. Di babak pertama saja, mereka kewalahan dan tak mampu cetak gol,” ucapnya

Gomez juga menilai timnya masih memiliki masalah fisik.

“Lawan memainkan bola baik dan disiplin juga, fisik pemain tak maksimal semua lini alhasil pemain kerap salah passing. Saya berharap ke depannya kolektivitas bisa ditampilkan di Liga 1,” kata dia.

PSM Makassar menemani Tira Persikabo, Persela Lamongan, Bali United, Bhayangkara FC, PSS Sleman dan Persija Jakarta di babak 16 besar Kratingdaeng Piala Indonesia.