Banjir Penolakan Berhomebase di Sleman, Persis Solo Sepertinya Harus Cari Markas Baru

Suporter Persis Solo saat memadati Stadion Maguwoharjo Sleman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Harapan besar Persis Solo untuk berkandang di Stadion Maguwoharjo Sleman, sepertinya belum juga ada kabar baik.

Ada kemungkinan keinginan Persis Solo untuk bisa berhomebase di markas klub PSS Sleman tersebut harus dipendam dalam-dalam. Stakeholder setempat keberatan jika Laskar Sambernyawa harus berkandang di markas klub PSS Sleman tersebut.

Hal itu setelah dilakukan audiensi dengan pihak keamanan, Bupati Sleman, hingga perwakilan suporter di Yogyakarta, Selasa (26/2) kemarin.

Bertempat di Mapolda DIY, sejumlah jajaran manajemen Persis yang diwakili Manajer Langgeng Jatmiko memenuhi undangan audiensi Polda DIY.

Bupati Sleman, Sri Purnomo pun memberi masukan pada jajaran manajemen Persis Solo untuk mencari alternatif homebase lainnya demi menjaga kondusifitas di wilayah Sleman dan DIY. Riwayat terjadi konflik antara pendukung Persis dengan PSIM Yogyakarta menjadi salah satu alasannya.

“Yang pasti Intinya berbagai pertimbangan dan masukan masyarakat, kami dalam posisi keberatan. Kami berupaya meminimalisir, jadi saya harapkan Persis Solo mencari alternatif di luar Sleman,” ujar Bupati Sri Purnomo, kemarin.

Kepala Biro Operasi Polda DIY, Kombes Pol Hermansya sendiri menuturkan semua kemungkinan bisa terjadi, yang pasti hingga saat ini memang belum ada ketuk palu yang dilakukan.

Selain Bupati Sleman, pendukung suporter PSIM yakni Brajamusti dan The Maident juga menolak keras wacana tersebut.

“Kalau tadi saat pertemuan Pak Bupati memang berbicara kalau keberatan Persis bermarkas di Sleman, tapi itu kan baru sebatas lisan belum resmi dari dia sebagai pimpinan wilayah di Sleman,” imbuh Kepala Biro Operasi Polda DIY, Kombes Pol Hermansyah.

Sementara itu, manajer Persis Langgeng Jatmiko, memilih menunggu surat resmi dari Bupati Sleman, kendati secara lisan Sri Purnomo sepertinya enggan memberikan lampu hijau.

“Kami tidak kaget, karena memang kami mencoba apa yang diinginkan suporter Persis Solo berhomebase di dekat Solo. Kebetulan setuju di Sleman, maka kami coba. Setelah ini akan dirapatkan lagii baiknya seperti apa,” kata Langgeng Jatmiko

Keputusan mencari stadion baru untuk homebase Persis jelang bergulirnya Liga 2 2019, juga lantaran Stadion Manahan baru direvitalisasi. Direncanakan akhir tahun stadion ini baru jadi. Untuk kapan bisa digunakan untuk berkompetisi di liga resmi, belum ada kepastian lebih pasti.