Bhayangkara FC Tak Khawatir Dikalahkan Klub Kasta Kedua

David Da Silva (kiri) saat masih berseragam Bhayangkara FC, dalam partai uji coba lawan Persis Solo di Stadion Manahan Solo. Foto : Richie Setiawan

SOLO – Bhayangkara FC mendapatkan hasil kurang memuaskan selama pramusim. Langkah Indra Kahfi dan kawan-kawan mentok di fase grup Piala Presiden 2018. Mereka juga dua kali kalah dari klub kasta kedua.

Persita Tangerang menjadi tim pertama yang memberi Bhayangkara FC kekalahan. Pendekar Cisadane menang 2-0 pada laga uji coba di Lapangan National Youth Training Center (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok, Kamis (11/1/2018).

Kali ini, giliran Persis Solo yang memberi tim besutan Simon McMenemy kekalahan. Dalam duel yang disaksikan sekitar 15 ribu penonton di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/2/2018), Bhayangkara FC kalah lewat gol tunggal Tri Handoko menit 64.

Kalah dari klub dibawahnya tentu soal pertaruhan gengsi. Namun ada hal lain yang dilihat Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy. Dia menyebut sederet kesalahan saat menjalani laga uji coba sangat penting, sebagai pembelajaran sebelum Liga 1 2018 bergulir.

“Tidak masalah soal hasil akhir. Kita ambil pelajaran dari pertandingan hari ini. Mending kita lakukan kesalahan sekarang daripada saat di Liga nanti,” terang Simon dalam jumpa pers usai pertandingan.

Dia justru menyebut, melawan klub dari kasta bawah selalu menyulitkan. Lawan selalu bermain dengan semangat tinggi, hingga bisa bertarung sejak menit pertama hingga akhir laga.

“Mereka selalu bermain dengan semangat tinggi. Itu membuatnya jadi susah. Kalau kita bisa mengimbangi semangat lawan, mungkin kita bisa unggul dalam pertandingan,” lanjutnya.

Nofik Lukman Hakim