Hasil Pembagian Grup Piala Presiden 2019, Ujian Awal Pendatang Baru Liga 1

Winger PSS Sleman Rangga Muslim saat berebut bola dengan bek Kalteng Putra pada laga Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo Sleman. Foto : Richie Setiawan

20 klub sudah terbagi dalam lima grup pada ajang Piala Presiden 2019. Dalam undian babak penyisihan di Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam, PSS Sleman dan Kalteng Putra mendapat lawan yang “sangat menarik”.

Ada lima kota yang menjadi tuan rumah Piala Presiden 2019. Grup A akan dihelat di Bandung dengan Persib sebagai tuan rumah. Sebagai penantang, ada Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan PS TIRA-Persikabo.

Lalu grup B diselenggarakan di Bekasi. Bhayangkara FC sebagai penghuni Stadion Patriot Candrabhaga akan melawan Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar.

Pertarungan menarik tersaji pada grup C di Magelang. Kalteng Putra sebagai tim promosi akan bersua PSIS Semarang selaku tuan rumah, PSM Makassar serta Persipura Jayapura. Kalteng Putra sebagai tim promosi bisa mengukur kemampuan, minimal tak menjadi juru kunci dari tiga tim penghuni sepuluh besar Liga 1 2018.

PSS Sleman benar-benar diuji pada ajang ini. Tergabung di grup D dengan status tuan rumah, skuat besutan Seto Nurdiyantoro akan melawan Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC. Ketiga tim lawan PSS termasuk paling serius menyambut Liga 1 2019. Bahkan Persija sudah bertarung dua kali dalam ajang kualifikasi Liga Champions Asia.

Baca Juga  Optimisme OK John Bersama Kalteng Putra, Yakin Dapat Poin di Markas PSIS

Bila PSS Sleman masih bertahan dengan skuat minimalis, seperti di Piala Indonesia 2018/2019, bisa-bisa PSS Sleman hanya menjadi penggembira grup D meski statusnya tuan rumah.

Sementara grup E yang berlangsung di Malang, Arema FC akan bersua Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera. Tuan rumah diprediksi akan dominan dengan Barito Putera sebagai pesaing utama.

Piala Presiden 2019 akan dimulai pada awal bulan depan. PSSI saat ini belum merilis jadwal ajang tahunan ini.

Berikut pembagian grup Piala Presiden 2019 :

Grup A (Bandung): Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, PS TIRA-Persikabo

Grup B (Bekasi): Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, Mitra Kukar

Grup C (Magelang): PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Kalteng Putra

Grup D (Sleman): PSS Sleman, Persija Jakarta, Madura United, Borneo FC

Grup E (Malang): Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang, Barito Putera

Nofik Lukman Hakim