Mulai Gelar TC di Jogja, Tiga Pemain PSM Makassar Masih Absen

Para pemain PSM Makassar saat menjalani program latihan di Yogyakarta Independent School (YIS), Jumat (8/2/2019) pagi. Foto : Richie Setiawan

PSM Makassar memiliki program pemusatan latihan (TC) di Kota Jogja selama dua pekan. Hari pertama sesi latihan dipimpin langsung oleh pelatih kepala Darije Kalezic di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Mlati, Sleman, Jumat (8/2).

Hampir seluruh pemain tim berjulukan Juku Eja dibawa ke Kota Gudeg. Seperti bek Abdul Rachman, Benny Wahyudi, Rasyid Bakri, Hasyim Kipuw, Zulham Zamrun, hingga Bayu Gatra. Sementara barisan pemain asing, tiga muka lama yang masih dipertahankan yakni Marc Klok, Wiljan Pluim, dan Guy Junior.

Dua pemain asing yang baru didatangkan musim ini yakni Aaron Evans dan bomber jangkung asal Finlandia Eero Markkanen tampak ikut berlatih.

Tiga punggawa PSM Makassar masih absen dalam latihan di Jogja, seperti Asnawi Mangkualam yang ikut ke Timnas U-22, serta Ferdinand Sinaga dan Zulkifli Syukur yang pemulihan dari cedera.

PSM Makassar sendiri tengah melakukan persiapan menghadapi babak 16 besar Piala Indonesia 2018.

Sebelumnya, PSM berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Indonesia setelah menyingkirkan Kalteng Putra lewat keunggulan agregat 3-1. Bagi Darije Kalezic, sesi latihan perdana di Yogyakarta adalah menjadi pertama kalinya setelah ditunjuk menggantikan Robert Rene Albert di PSM Makassar.

“Kami memutuskan berlatih di sini setidaknya sampai sepuluh hari ke depan. Program kami yang jelas semua tentang persiapan tim, termasuk mengembalikan kondisi fisik pemain dan juga taktik permainan,” terang Darije Kalezic usai latihan.

Kalezic menambahkan program latihan di Jogja adalah untuk mempersiapkan diri menghadapi lanjutan turnamen Piala Indonesia. Babak 16 besar kabarnya akan digelar pada akhir Februari, dan seluruh tim tengah menunggu hasil undian.

“Program kami bergantung pada turnamen yang akan datang yakni Piala Indonesia. Kami akan beradaptasi dengan apapun. Kondisi tim dan pemain bagus, semuanya sangat antusias. Lapangan latihan di sini juga cukup menunjang,” tandas pelatih asal Bosnia ini.