PROFIL PEMAIN: Damian Lizio yang Semakin Memantapkan Lini Serang Persebaya Surabaya

Damian Lizio siap tampil membela Persebaya saat menjamu Persidago pada putaran kedua babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/02) (via persebaya.id)

Damian Lizio jadi nama baru pemain asing Persebaya Surabaya. Sebelumnya klub asal Jawa Timur ini telah mendapatkan tanda tangan Amido Balde dan Manuchekhr Dzhalilov.

Damian Lizio lahir di Argentina namun memiliki kewarganegaraan Bolivia. Pemain berusia 29 tahun ini mengawali karier juniornya bersama Riverplate.

Ia mengawali karier profesional pertamanya di klub asal Spanyol Cobdoba FC sebagai pemain pinjaman. Bersama Cordoba, Lizio mampu mencatatkan 11 penampilan selama semusim.

Setelah dilepas River Plate, Lizio kembali berpetualang ke Eropa dengan bergabung ke klub asl Cyprus, Anorthosis.

Hanya bertahan semusim, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini kembali ke Amerika Latin dengan bergabung ke klub asal Bolivia, Bolivar.

Bergabung sejak tahun 2011, Lizio lebih banyak dipinjamkan. Total ada empat klub yang Ia bela selama masa peminjaman.

Bersama Oriente Petrolero, Lizio mencatatakan musim paling gemilangnya. Ia mampu mencetak 15 gol di musim 2017/2018.

Kini bersama Persebaya Surabaya, Damian Lizio memulai petualangan baru. Ia langsung memikat perhatian tim pelatih di sesi latihan perdana.

Baca Juga  Pasoepati Tegaskan Tolak Kebijakan Manajemen Persis Solo

“Dari latihan sore ini (21/2) terlihat jika dia memiliki kualitas. “Tekniknya mulai dari passing, kontrol bola dan pengambilan keputusan sudah sesuai dengan track record-nya,” kata asisten pelatih Bejo Sugiantoro yang dilansir dari situs resmi klub.

Lizio akan semakin melengkapi komposisi lini depan Persebaya Surabaya. Setelah musim lalu menjadi tim paling subur, Persebaya kembali menambah kekuatannya untuk musim ini.

Lizio akan menghadapi tantangan sesungguhnya kala bermain melawan Persidago Gorontalo pada Sabtu (23/2) di Stadion Gelora Bung Tomo.

PROFIL SINGKAT

Nama: Damián Emmanuel Lizio

Kewarganegaraan: Bolivia

Umur: 29 tahun

Karier:

Cordoba CF (2009-2010)

Anorthosis (2010-2011)

Bolivar (2011-2018)

Union SF (2013)

Al-Arabi SC (2013)

O’Higgins (2014-2015)

Botafogo (2016)

Oriente (2017)

Persebaya Surabaya (2019- )