Ini Sikap FA Terkait Ulah 100 Hooligans Inggris di Belanda

Hooligans Inggris saat berada di Amsterdam. Foto : Youtube

BELANDA – Lagi-lagi stigma negatif hooligans Inggris belum bisa dilepaskan. Sekitar 100 anggota ditangkap pihak keamanan Belanda setelah membuat ulah saat laga Inggris lawan Belanda di Johan Cruyff Arena, Jumat (23/3/2018) waktu setempat.

Para suporter itu terlibat bentrok dengan polisi di luar stadion. Mereka juga mencemooh lagu kebangsaan Belanda sebelum kick off. Perilaku ini tak dapat diterima asosiasi sepak bola Inggris, FA.

“Kami mengutuk adegan yang tidak dapat diterima di Amsterdam. Seperti yang diulangi sebelum pertandingan, kami selalu meminta pendukung untuk menghormati tuan rumah dan berperilaku penuh tanggung jawab,” tulis FA dalam twitter resminya.

“Seperti biasa FA akan bekerja sama dengan kemitraan satuan kepolisian sepak bola Inggris untuk membantu mengidentifikasi mereka yang terlibat”.

Wakil Kepala Polisi Nasional (NPCC), Mark Roberts mengatakan kelakukan hooligans Inggris akan memiliki konsekusensi jangka panjang saat mereka melakukan perjalanan ke luar negeri, mendukung Timnas Inggris.

“Perilaku sebagian besar pendukung Inggris sangat mengerikan. Setiap upaya untuk mengecilkannya selalu membesar,” katanya.

“Kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa perilaku gerombolan mabuk itu memperkuat stigma negatif pendukung Inggris, dan akan berdampak pada perlakuan ketika mereka mengikuti tim di luar negeri.”

Inggris menang 1-0 atas Belanda berkat gol anak muda, Jesse Lingard. Selanjutnya mereka akan menghadapi Italia pada Selasa ini. demikian dikutip dari Soccerway.

Video Kericuhan Hooligans Inggris dengan Polisi di Amsterdam :

Nofik Lukman Hakim