Jakmania Catatkan Rekor Kehadiran Terbanyak di Piala AFC

Ribuan suporter The Jakmania saat menyambut kedatangan bus yang mengangkut penggawa Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo, beberapa waktu lalu. Foto : Richie Setiawan

JAKARTA – Laga kandang Persija di Piala AFC yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2) malam, ternyata menghadirkan sebuah rekor baru di Asia.

Laga yang dimenangkan Persija dengan skor telak 4-1 atas tamunya asal Singapura, Tampines Rovers disaksikan 49.056 penonton. Jumlah penonton ini merupakan rekor angka supporter terbanyak dalam laga fase grup sepanjang sejarah Piala AFC yang digelar sejak 2005.

Dalam sejarah Piala AFC, rekor angka kehadiran penonton terbanyak muncul pada laga puncak edisi 2010, yang mempertemukan wakil Kuwait Al-Qadsia, dengan wakil Suriah, Al-Ittihad. Pada laga yang berlangsung di Stadion Internasional Jaber, Kuwait City tersebut, tercatat sebanyak 58.604 penonton yang hadir.

Sebelumnya, rekor penonton terbanyak dalam laga penyisihan grup Piala AFC dicatat oleh wakil Malaysia, Selangor FA di tahun 2010. Pada 28 April 2010, Selangor FA menjamu wakil Indonesia, Sriwijaya FC di Stadion Shah Alam, yang tercatat dihadiri oleh 34.200 penonton. Di akhir laga, Laskar Wong Kito berhasil menang telak 4-0 atas tuan rumah.

Baca Juga  Pandangan Slamet Budiyono Soal Persaingan Liga 2 2019

Sementara itu dalam laga Persija melawan Tampines Rovers, bintang macan Kemayoran Marko Simic berhasil memborong tiga gol atau hattrick. Trigol Simic juga tercatat sebagai yang pertama di edisi Piala AFC tahun ini.

Hasil ini membawa Persija bertengger di posisi ketiga klasemen sementara Grup H babak penyisihan grup Piala AFC 2018 dengan perolehan 3 poin. Persija masih akan melakoni empat laga sisa di Piala AFC 2018, termasuk dua laga kandang melawan wakil Vietnam, Song Lam Nghe An (14/03) dan wakil Malaysia, Johor Darul Ta’zim (10/04).

Persija jelas berpeluang membuat rekor baru saat melawan wakil Vietnam dan Malaysia di Jakarta nanti. Terlebih fanatisme Jakmania memang tidak perlu diragukan lagi.

Jaladwara