Kebiasaan Aremania Nyanyikan Lagu Rasis Belum Juga Hilang, Kapten Arema Ikut Kecewa

Aksi Aremania. Foto: Jaladwara

Kapten Arema FC, Hamka Hamzah cukup kecewa saat laga Arema kontra Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (30/3/2019).

Kekecewannya bukan karena Singo Edan kalah, namun karena aksi suporternya Aremania yang masih saja menyelipkan nyanyian bernada rasialisme pada laga 8 besar Piala Presiden 2019, Sabtu (30/3/2019).

Hamka meminta Aremania tidak mengulangi hal tersebut karena menurutnya sudah bukan zamannya lagi suporter saling menghina. Mereka menyanyikan yel-yel bernada negatif yang ditujukan kepada suporter tim lain, yakni untuk pendukung Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

Aksi tersebut membuat Hamka sedikit emosi. Dia sempat memberikan kode agar Aremania menghentikan yel-yel tersebut di tengah lapangan.

Hamka mengaku kecewa dengan aksi Aremania tersebut. Suporter seharusnya sudah tidak lagi saling mengejek kalau mau melihat tim kesayangannya berprestasi.

“Walaupun Aremania suporter saya sendiri, tapi kalau memang tidak bagus ya kami tegur. Karena satu salah yang bikin rezeki kami jauh mungkin salah satunya itu (sering mengejek suporter lawan),” ujar Hamka.

“Jadi saya sudah memberikan kode, Alhamdulillah teman-teman Aremania semua melihat, (kemudian) mereka berhenti (menyanyikan yel-yel bernada rasialisme), memberikan kami semangat lagi,” sambungnya.

Baca Juga  Dua Misi Persik Kediri Hadapi Persis Solo

Hamka mengaku kerap melakukan edukasi kepada suporternya. Dia selalu mengingatkan agar suporter bersikap sportif.

“Saya selalu edukasi, selalu di Malang, di media sosial pun saya memberikan (pesan) bahwa sudahilah karena sepak bola kita menuju ke arah lebih baik. Suporter kenapa tidak lebih baik (berperilaku) dan akhirnya bisa berprestasi untuk tim nasional,” kata eks pemain PSM Makassar.

sementara itu dalam laga kontra Bhayangkara FC tersebut, Hamka juga sukses menyumbangkan gol. Tepatnya di gol kedua Arema di menit ke-40. Tiga gol Arema di laga ini sendiri dicetak oleh Makan Konate (10′, 78′), dan Ricky Kayame (90+4′).