Persela Lamongan Bisa Menang Atas Arema FC di Depan 40-ribu Aremania, Ternyata Karena Ini

Aksi pendukung Persela Lamongan, LA Mania. Foto: Nofik Lukman.

Klub Persela Lamongan membuat kejutan dengan menumbangkan Arema FC 1-0 dalam lanjutan babak penyisihan Grup E Piala Presiden 2019, Sabtu (9/3/2019) malam.

Menang di depan 40 ribu Aremania, tentu menunjukkan bahwa mental bertanding anak-anak Lamongan patut diacungi jempol.

Klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu bisa mewujudkan ambisi mengemas poin penuh di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, yang merupakan kandang Arema.

Kemenangan Persela terjadi pascastriker yang sebelumnya sempat menuai kritik, Washington Brandao mencetak gol di menit ke-41.

“Ini pertandingan yang sangat menarik dan tidak mudah. Tetapi anak anak main luar biasa,” kata Pelatih Persela, Aji Santoso

“Tactical knowledge dari semua pemain sangat bagus. Apa yang ada dalam latihan, di bawa ke lapangan pertandingan. Kami memang harus bermain strategi karena jujur, bila face to face atau head to head dengan pemain Arema, jelas kalah. Cuma, saya sudah pastikan bahwa kami akan memberikan kejutan dengan taktik yang berbeda ketimbang saat melawan Persita,” sambung mantan bek nasional tersebut.

Aji menyatakan, timnya bisa menang karena pemainnya tampil sesuai dengan yang dia rencanakan. Bertahan, menyerang, serangan balik, semua dilakukan dengan sangat baik.

Perubahan skema permainan dari 4-2-3-1 saat melawan Persita, menjadi formasi cemara atau 4-3-2-1, gagal diantisipasi Arema yang didukung puluhan ribu suporternya.

Menumpuk tiga gelandang bertahan dan tidak mengandalkan kecepatan permainan sayap, membuat tim Persela tidak diduga Arema. Hasilnya pun efektif: Persela dapat tiga poin dan menjaga peluang ke babak delapan besar Piala Presiden 2019.