5 Mei, PSSI Siap Gelar National Coaching Conference

PSSI

JAKARTA – PSSI akan menggelar National Coaching Conference pada 5 Mei mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang. Ajang tersebut merupakan salah satu program agenda dalam Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2018, bekerja sama dengan PT Expotama Sinergi.

Bagi PSSI, ini pertama kalinya mengadakan pertemuan pelatih dari seluruh Indonesia dengan suatu wokrshop atau forum dengan berbagai tingkatan lisensi. Ini pun selaras dengan visi dan misi PSSI untuk terus meningkatkan kualitas para pelatih di Tanah Air.

“National Coaching Conference adalah ajang bertemunya seluruh pelatih di Indonesia dalam suatu workshop penuh satu hari dari pagi sampai sore. Kami akan bicara perkembangan sepak bola seharian penuh. Ajang ini akan diikuti sekitar sekitar 300 pelatih dari yang punya lisensi D hingga yang sedang ikut Pro AFC sekarang,” kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo yang dikutip dari situs PSSI.

Pria berusia 66 tahun ini menambahkan bahwa dalam acara tersebut akan dijelaskan potret dan perkembangan sepak bola Indonesia saat ini. Apalagi ia ingin semua pelatih harus mengetahui berada dimana level sepak bola kita, dan dimana harus mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang lebih maju dalam sepak bola.

“Para pelatih ini akan sharing dan saling bertukar pikiran atau ilmu kepelatihan. Apalagi ilmu kepelatihan sepak bola selalu update setiap saat. Terutama terkait kurikulum dan jenjang kepelatihan. Seperti saat ini PSSI sedang menggeber program filosofi sepak bola Indonesia. Nantinya pembicaranya selain saya akan ada pelatih Luis Milla, Eduardo Perez, Mundari Karya, Emral Abus. Selain itu akan ada coaching clinic yang dilakukan bersama Ponaryo Astaman dan Kurniawan Dwi Yulianto,” ungkap mantan pelatih Timnas Indonesia ini.

Danur menjelaskan bahwa saat ini PSSI juga sedang menggenjot program kursus pelatih yang diselenggarakan di Tanah Air. Kursus pun disebar ke beberapa Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

“Tahun 2018 ini ada 30 kursus C AFC, dua kali B AFC, dan dua kali A AFC. Selain itu, ada kursus untuk pelatih fisik dan pelatih kiper berlisensi AFC. Dan yang saat ini sedang digelar kursus Pro AFC,” ungkapnya.

Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya masuk. Oleh karena itu, PSSI mengajak kepada siapapun untuk hadir dalam diskusi dan workshop ini yang bertujuan untuk memajukan sepak bola Indonesia.

Selain itu pada Indonesia Sport Expo and Forum, PSSI juga menggelar agenda-agenda menarik lainnya selama penyelenggaraan 2-6 Mei di tempat tersebut.