Baru Sepuluh Klub Liga 2 2019 Umumkan Pelatih Kepala

Freddy Muli (dua dari kiri) saat tanda tangan kontrak dengan Persibat Batang, Sabtu (6/4/2019). Foto : Istimewa/Persibat

Kompetisi Liga 2 rencananya akan dimulai pada pertengahan Juni 2019. Sejauh ini baru sepuluh klub yang resmi mengumumkan pelatih kepala menatap persaingan musim ini.

Jadwal kompetisi yang belum pasti disebut-sebut menjadi penyebab klub peserta tak mau gegabah. Bila memulai persiapan lebih awal, artinya dana yang akan dikeluarkan juga bakal membengkak.

Kontestan babak 8 besar Liga 2 2018, Madura FC menjadi salah satunya. Bila musim lalu persiapan dimulai lebih awal, kini Madura FC masih tahap penyaringan dari sejumlah kandidat yang mendaftar.

Manajer Madura FC, Yanuar Herwanto, mengatakan sejak awal tahun ini sudah ada 30 pelatih yang mengajukan lamaran. Bahkan lima di antaranya merupakan pelatih asing.

Hanya saja Laskar Jokotole sengaja belum memutuskan lantaran menunggu jadwal pasti dari PSSI. Kemungkinan besar pelatih kepala akan diumumkan dalam waktu dekat, sebelum proses seleksi dimulai akhir bulan ini.

“Dalam sebulan latihan saja pengeluarannya sampai Rp 500 Juta. Itu baru Madura FC yang notabene bukan klub jor-joran soal gaji. Jadi cukup bisa dimengerti kalau yang mulai persiapan belum banyak. Semua menunggu jadwal yang jelas,” kata Yanuar kepada KAMPIUN.ID, Sabtu (20/4/2019).

Baca Juga  Persiapan Liga 2 2019, Mitra Kukar Hadapi Patriot CB Bekasi

Cilegon United juga punya rencana untuk memperkenalkan pelatih dalam waktu dekat. Bambang Nurdiansyah disebut-sebut punya peluang besar menukangi The Volcano. Cilegon United kini sudah punya kerangka tim sekitar 70 persen dari skuat Piala Indonesia 2018/2019.

“Pada intinya kami sudah siap. Ibarat hakim mah tinggal ketok palu saja,” ucap Media Officer Cilegon United, Sahe Muslim.

Selain soal jadwal, ada juga klub yang dikabarkan akan pindah home base, yakni Aceh United serta Blitar United. Namun begitu, belum ada pernyataan resmi mengenai rumor ini.

Berikut daftar pelatih klub Liga 2 2019, per Sabtu (20/4/2019).

PSMS Medan : Abdulrahman Gurning
Sriwijaya FC : Kas Hartadi
Persita Tangerang : Widodo Cahyono Putro
PSCS Cilacap : Ibnu Grahan
Persibat Batang : Freddy Muli
Persis Solo : Agus Yuwono
PSIM Jogja : Vladimir Vujovic
Persik Kediri : Nasal Mustofa
Persewar Waropen : Carolino Ivakdalam
Persiba Balikpapan : Salahudin

Persiraja Banda Aceh : Akhyar Ilyas (Kandidat)
Cilegon United : Bambang Nurdiansyah (Kandidat)
Madura FC : Eduard Tjong (Kandidat)
Martapura FC : Frans Sinatra Huwae (Kandidat)

Baca Juga  Aji Bayu Gabung Badak Lampung, Madura FC Dapatkan Eks Persija Jakarta

Bogor FC : Belum Ditentukan
Perserang Serang : Belum Ditentukan
Mitra Kukar : Belum Ditentukan
Persatu Tuban : Belum Ditentukan
PSGC Ciamis : Belum Ditentukan

Aceh United : Belum Persiapan
PSPS Riau : Belum Persiapan
Blitar United : Belum Persiapan
PSBS Biak : Belum Persiapan