Lirik Anthem Persis Solo: Satu Jiwa

koreo Pasoepati tribun timur saat laga Persis Solo melawan PPSM Magelang, 2014 silam. foto: Sambernyawa.com

SOLO – Bicara soal kapan sebuah tradisi menyanyikan sebuah anthem bagi klub sepakbola dinyanyikan usai laga berakhir memang belum diketahui secara pasti. Namun beberapa musim terakhir hampir di tiap klub sudah memiliki tradisi tersebut.

Di Jawa tengah, klub Persis Solo ternyata sudah memulainya sejak taahun 2014 silam. Lagu yang dinyanyikan lantang oleh para Pasoepati dan Surakartans tersebut berjudul ‘Satu Jiwa”

Anthem Persis Solo saat ini itu sendiri aslinya adalah lagu milik band lokal di Solo bernama The Working Class Symphony (TWCS).

Sejak tahun 2014 itulah lagu milik TWCS selalu rutin dinyanyikan ribuan Pasoepati di awal dan akhir laga. Bahkan band TWCS di musim ini rutin hadir mengiringi ribuan Persis Fans usai laga secara langsung.

Zoel pentolan band ini menggenjreng gitarnya usai laga berakhir di Manahan, disambut nyanyian lantang puluhan ribu Pasoepati yang hadir.

Ada cerita unik dari nyanyian anthem ini di Manahan. Pada 2014 silam digelar laga antara tim Pra PON melawan Timnas U-19 di Manahan. Evan Dimas dkk cukup terpukau dengan atmosfir dukungan Pasoepati kala itu.

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri bahkan merasa lagu ini begitu mendalam liriknya. Usai laga di Solo, Timnas U-19 bermain di Semarang.

Indra Sjafri diakui TWCS meminta CD album TWCS tersebut kepada suporter PSIS Semarang Panser Biru, hingga akhirnya TWCS mengirimkan album tersebut yang aslinya milik pribadi band tersebut. Hal ini lantaran setahun sebelumnya akbum tersebut sudah ludes terjual, masih ada sekitar lima album, itupun kini posisinya berada di salah satu music store di Jerman.

Berikut lirik Anthem Persis Solo:

Disini semua berawal

Disini kita berbagi kesenangan

Berusaha tetap bersama

Walaupun jarak kadang terbentang memisahkan

Reff :

Rayakanlah pertemuan ini

Slalu bersama apapun yang terjadi

Singkirkan semua yg mengganggumu

Kitakan tetap jadi satu

Roda hidup terus berputar

Dan takdirpun tak slalu sama…pahamilah

Namun hasrat tuk tetap bersama

Menjadi semangat yg membuat kita smakin kuat

Lagu Satu Jiwa (TWCS) bisa didownload DISINI