Boyongan Masal ke PSIM Jogja, Inilah Daftar Pemain Bogor FC yang Tersisa

PSIM Jogja mendapat banyak amunisi dari kerangka tim Bogor FC, yang tengah tak jelas kepastian karirnya di Liga Indonesia.

Ini seiring mundurnya CEO tim tersebut dari Bogor FC. Situasi ini membuat banyak isu berkembang, bahwa Bogor FC akan pindah home base dan bukan tidak mungkin juga akan berganti nama.

Seiring masuknya Pelatih Bogor FC, Vladimir “Vlado” Vujovic untuk menukangi PSIM Jogja, ternyata desas-desus boyongan masal skuad Bogor FC ke PSIM semakin jelas terlihat saat ini.

PSIM sudah resmi beranggotakan 22 pemain saat ini. Yang menarik 15 diantaranya adalah mantan pemain Bogor FC dalam pembentukan tim yang dipersiapkan untuk kompetisi Liga 2 2019 bentukan Vlado.

Pemain lama PSIM yang memutuskan untuk memperpanjang masa baktinya di Laskar Mataram adalah Hendrico, Ivan Febrianto, Edo Pratama, Pratama Gilang, Fandy Edy dan Raymond Tauntu.

Winger PSIM Jogja, Hendrico Satriadi (kiri) saat merayakan golnya bersama Fandy Edy (kanan) ke gawang Persiwa Wamena dalam lanjutan Liga 2 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul. Foto : Richie Setiawan

Satu pemain yang benar-benar baru bergabung dan bukan bagian dari Bogor FC adalah pemain naturalisasi, Raphael Maitimo.  Musim lalu dia bermain untuk Persebaya Surabaya.

Hendika Arga Permana jadi pemain baru Bogor FC di Liga 2 2019. Foto: Official Bogor FC

Sementara itu pemain Bogor FC pertama yang berseragam PSIM adalah Hendika Arga Permana. Sejatinya namanya tak asing lagi dengan PSIM, karena musim lalu dirinya adalah kapten tim kebanggaan warga Jogja tersebut.

Kepindahannya ke PSS Sleman usai PSIM tersingkir di babak penyisihan, ternyata berujung banjir kritikan untuknya. Hal ini membuat dia membulatkan tekad untuk pensiun dini.

Walaupun belakangan dia mengurunkan niatnya tersebut, dengan memutuskan berkarir lagi di sepak bola, dengan mengiyakan pinangan Bogor FC.

Baca Juga  Latihan Terbuka PSIM Jogja Dipadati Ratusan Suporter Setianya

Walaupun takdir tuhan ternyata berkata lain. Jalan hidup membawanya kembali ke rumah asal, yakni PSIM. Klub yang dicintainya sejak kecil.

Seiring pengumuman investor baru PSIM, dan Vlado yang jadi pelatih PSIM. Akhirnya beberapa pemain baru dihadirkan.

Investor PSIM Jogja, Bambang Susanto berpose bersama jajaran pengurus, pelatih dan pemain di Wisma PSIM, Jumat (12/4/2019). Foto : Richie Setiawan

Kloter pertama gerbong Bogor FC yang ganti jersey ke PSIM ada empat nama. yakni Gusti Rustiawan (eks Persela Lamongan/bek), M Agung Pribadi (eks Persela Lamongan/bek), Reza Saputra (eks Martapura FC/gelandang), Herry Susilo (eks Kalteng Putra/bek), dan Rudiyana (eks Persis Solo/striker)

Beberapa hari kemudian dua eks PSS Sleman musim lalu yang di pra kompetisi mengiyakan untuk gabung Bogor FC juga akhirnya melipir pindah ke PSIM. yakni Aditya Putra Dewa dan Rossi Noprihanis.

Tiga pemain baru lainnya dihadirkan. dua diantaranya musim lalu bermain untuk Borneo FC, yakni Tedi Berlian, dan

Achmad Hisyam Tolle saat berduel dengan Riskal Susanto dalam laga Liga 2 2019. Foto : Richie Setiawan

. keduanya sama-sama pernah berseragam PSS. satu nama lainnya adalah bek Semen Padang musim lalu, Ngurah Nanak.

 

PSIM beberapa hari lalu kembali mengumumkan meresmikan tiga pemain baru. Dengan caprion perkenalan tambahan dua talenta muda, plus satu pemain senior terbaru untuk mengarungi Liga 2 2019.

Dua talenta muda yang dimaksud bukan pemain dari tim internal PSIM, melainkan dua pemain muda Bogor FC yang musim lalu ikut membawa tim ini promosi ke Liga 2. Yakni Dwi Rafi Angga dan Redi Rusmawan.

Baca Juga  Erwan Hendarwanto Latih Klub Liga 3, Ini Doa Gelandang PSIM Jogja

Untuk pemain senior yang dimaksud PSIM adalah Ade Suhendra, yang sempat jadi kapten Persita Tangerang, namun musim lalu dirinya berkarir di Persik Kendal.

Nama yang baru saja diumumkan jadi bagian PSIM adalah mantan pemain terbaik Liga 2 2018, asal PSS Sleman, Ichsan Pratama. Dirinya juga sebelumnya memutuskan untuk gabung Bogor FC.

Dan jadi jika kita bicara tentang tinggal brapa skuad Bogor FC bentukan Vlado yang masih berstatus pemain Bogor FC. Jawabannya adalah tinggal tujuh orang.

Yakni ada dua pemain di posisi kiper, yakni Chairul Zul Azhar dan I Putu Pager Wirajaya. kedua kiper ini sudah bergabung dengan Bogor FC di musim lalu, saat diracik oleh Jan Saragih yang kini membesut Badak Lampung FC. Khusus untuk I Putu Pager dirinya berstatus pemain pinjaman dari Bali United, yang musim ini kembali dipinjamkan ke Bogor FC.

Sementara itu di ada tiga pemain berposisi bek yang musim lalu ikut membawa Bogor FC promosi ke Liga 2 2019 dengan status juara 3 Liga 3 2018. Yakni Al Rizqy Dwi Pradana, Rizky Syawaludin, dan Muhammad Hamzaly.

Untuk dua nama sisa, tentu banyak yang mengenalnya. Yakni  Vivi Asrizal dan Cristian Gonzales. Vivi musim lalu bermain di Persiraja Banda Aceh, dan berstatus sebagai topskor kedua Liga 2 2018 di bawah Indra Setiawan asal PSMP Mojokerto Putra.

Baca Juga  Inilah Pembagian Grup Liga 3 2019 Jatim
Tiga penggawa PSIM, Cristian Gonzales, Ngurah Nanak dan Hisyam Tolle diturunakn saat melawan Jakarta United. Foto: Twitter @purnomo_elja

Untuk Gonzales musim lalu pemain berusia 42 tahun tersebut bergabung dengan PSS Sleman, dan ikut membawa PSS promosi ke Liga 1 dengan status juara.

Gonzales berpeluang bergabung dengan PSIM, semakin terbuka karena dia belum lama ini sempat berseragam PSIM. Kejadian itu terjadi saat PSIM beruji coba dengan Jakarta United di Bogor. Gonzales diketahui ikut bergabung dengan Laskar Mataram dengan status seleksi.

Jadi apakah tujuh pemain sisa Bogor FC ini akan mengikuti rekan-rekannya di PSIM atau tidak?, tentu akan dibuktikan kepastiannya dalam waktu dekat.