Dalam Managers Meeting Liga 2, Sempat Muncul Wacana Persis Solo Gantikan PSIM Jogja

Penggawa PSIM Jogja saat menyanyikan anthem bersama para pendukungnya di Stadion Sultan Agung Bantul, musim lalu. Foto : Richie Setiawan

JAKARTA – Tak ada pergeseran peserta dalam dua grup yang sejak awal sudah ditentukan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Keinginan PSIM Jogja dan PSS Sleman untuk tak berada dalam grup yang sama akhirnya batal tercapai.

Pembahasan soal pergeseran grup mewarnai managers meeting di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018). PSIM Jogja dan PSS Sleman berkeinginan untuk tak berada dalam grup yang sama.

Hal ini sebagai antisipasi gangguan keamanan, mengingat rivalitas kedua tim serta jarak kandang yang begitu dekat atau malah berdampingan.

Persis Solo menjadi salah satu tim yang digadang-gadang menggantikan posisi PSIM Jogja di wilayah timur. Namun kemudian Laskar Sambernyawa yang diwakili manajer tim, BM Anjasmara menolak usulan tersebut.

“Kalau alasannya faktor keamanan, kami dengan tegas menolak. Karena dalam era sepak bola modern, sepak bola merupakan alat untuk menjaga tali silaturahmi dan persaudaraan. Jadi tinggal bagaimana upaya klub untuk mengantisipasi ini,” terang Anjasmara kepada KAMPIUN.ID, Senin (16/4/2018).

“Kalau dikatakan salah satu klub digeser, apa masalahnya akan selesai begitu saja? kan tidak. Kami sudah sampaikan itu dalam managers meeting dan pada akhirnya diputuskan komposisi grup tetap sama,” lanjutnya.

Keputusan grup tak ada perubahan dibenarkan Sekretaris Umum PSIM Jogja, Jarot Sri Kustawa. Dia menuturkan, bukan Persis Solo saja yang enggan berada di grup timur. Semua tim dari grup barat enggan gabung ke grup timur.

“Iya benar (Persis Solo tidak mau) dan klub lain juga tidak mau. Klub-klub juga tidak bisa memutuskan karena ada yang hadir, sifatnya hanya utusan klub,” tutur Jarot.

Kepastian ini membuat PSIM Jogja langsung menyiapkan diri untuk bertarung di grup timur. “Kita dari dulu sampai kapanpun selalu siap dan siap,” kelakar Jarot.

Liga 2 akan dimulai pada 23 April mendatang. Laga perdana mempertemukan Persis Solo melawan Semen Padang di Stadion Manahan Solo, pukul 15.30 WIB. Kompetisi ini sedianya akan berjalan hingga Desember 2018 mendatang.

Nofik Lukman Hakim