Di Luar Dugaan, Martapura FC Kalah di Kandang Sendiri dari Persiwa Wamena

Martapura FC. Desain: Jaladwara.

MARTAPURA – Sama seperti kejadian di Serang dalam pekan perdana Liga 2 2018, ternyata laga di Stadion Demang Lehman Martapura, berakhir dengan keunggulan tim tamu.

Tuan rumah Martapura FC diluar dugaan harus mengakui kehebatan tamunya Persiwa Wamena, dalam pedana grup timur Liga 2 2018, sore tadi (25/4/2018).

Sempat unggul cepat di babak pertama, Martapura FC harus menerika kalah tipis 3-4 dari Persiwa Wamena.

Sejatinya Martapura FC berhasil memegang kendali permainan. Tim ini bahkan unggul gol cepat lewat kaki sang kapten, Qischil di ment ke-6, namun Martapura sepertinya sedikit lengah.

Di lain sisi Persiwa Wamena sendiri sejatinya adalah klub Blitar United yang di pramusim lalu sempat menjalani tour ke Aceh hingga Serang.

Namun di luar dugaan sebelum manager meeting dimulai (16/4/2018) Blitar United dan PPLM tidak meneruskan proses margernya. Blitar United memilih mendaftarkan pemain di tim ini yang sebagian besar berasal dari pemain PSBK Blitar musim lalu, sedangkan PPLM memutuskan marger dengan Persiwa Wamena.

Belum sempat mengamati kualitas Persiwa yang didominasi kerangka tim dari PPLM bentukan kemenpora, ternyata membuat Martapura FC sedikit tak punya bekal lebih untuk paham cara bermain tim lawan.

Bintang Persiwa, Saktiawan Sinaga ternyata membuktikan bahwa dirinya belum habis.

Sempat menyatakan gantung sepatu 2015 silam, dan tahu-tahu berkarir lagi sebagai pemain bersama klub Blitar United dan kini dirinya berjersey Persiwa. Mantan striker Timnas tersebut bahkan membuat pertandingan jadi imbang 1-1 lewat golnya di menit ke-29’.

Di babak kedua, Martapura FC ternyata seperti kosentrasinya terpecah, yang membuat koordinasi antar lini jadi sedikit kacau. Ironisnya momen ini dimanfaatkan oleh para pemain Persiwa, yang beberapa diantaranya adalah eks-Penggawa Timnas U-19.

Tiga gol beruntun bersarang ke gawang Martapura FC di babak kedua. Gol tambahan Persiwa di babak kedua, diciptakan oleh Munawir Baseri di menit 54, kemudian Edo Febriansyah di menit 55’ dan Yosep Ostanika di menit 66’ yang sukses membobol gawang Martapura FC.

Tak mau kembali jadi bulan-bulanan, Martapura FC merubah permainannya. Di menit 73, berhasil membawa Martapura kembali keluar dari tekanan hebat anak-anak Persiwa. Dewa mencetak gol untuk Martapura FC dari titik putih dan memperkecil ketinggalannya menjadi 2-4.

Gol ini membuat Martapura FC semakin bernafsu untuk kembalimenjebol gawang lawan, hal ini wajar karena mereka tengah tertinggal dua gol dari tim tamu. Tiga menit setelah gol Dewa, Aidil Bogel akhirnya sukses memperkecil kedudukan lagi bagi Martapura FC menjadi 3-4 di menit ke-76.

Sayang tak ada lagi tambahan gol untuk Martapura. Skor 4-3 untuk Persiwa Wamena tak berubah. Martapura FC pun harus menerima kekalahan di kandang sendiri dalam laga perdana Liga 2 musim 2018.

Jaladwara