Enam Pelatih Liga 1 Ambil Kursus Lisensi AFC Pro

Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso. Foto: Official Liga Indonesia

JAKARTA – Sebanyak 6 pelatih klub GO-JEK LIGA 1 2018 akan mengikuti kursus lisensi pelatih AFC Pro. Kursus ini terbagi ke dalam 7 modul yang berlangsung sekitar 1 tahun. Kesibukan merekapun dipastikan bertambah.

Modul pertama kursus lisensi pelatih AFC Pro yang diselenggarakan PSSI dengan persetujuan dan supervisi AFC ini, rencananya diselenggarakan di Yogyakarta. Waktunya telah ditetapkan pada 14-20 April 2018 mendatang.

Adapun 6 pelatih klub Liga 1 2018 yang akan mengikuti kursus secara periodik ini adalah Djadjang Nurdjaman (PSMS), Aji Santoso (Persela), Rudy Eka Priyambada (PS Tira), Joko Susilo (Arema FC), Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC), dan Widodo C. Putro (Bali United).

Bila tidak mengalami perubahan, berarti para pelatih itu tidak bisa mendampinginya timnya bertanding pada pekan keempat dan kelima nanti. Sepanjang 14-20 April 2018 memang akan berlangsung beberapa pertandingan Liga 1 di pekan keempat dan kelima.

Namun demikian setiap klub yang ditinggal pelatihnya untuk mengikuti kursus dipastikan sudah melakukan antisipasi. Pelatih kepala juga akan berkoordinasi dengan para asisten pelatih dalam tim kepelatihannya.

Dengan mengikuti kursus lisensi profesional AFC ini, nanti setelah lulus maka bisa dipakai untuk mereka bekerja di klub luar negeri. Bahkan tidak saja sebagai asisten pelatih, tetapi pelatih kepala.

Pasalnya lisensi Pro AFC merupakan level tertinggi di konfederasi. Setara dengan UEFA Pro, Conmebol Pro, dan konfederasi FIFA lainnya.