Jamal Yastro Bicara Soal Persaingan Liga 2 Grup Timur

Pergerakan gelandang PSS Sleman, Adi Nugroho dibayangi gelandang PSMS Medan, Alwi Slamat dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (4/3/2018). Foto : Richie Setiawan

MOJOKERTO – Grup timur bisa dibilang sebagai grup neraka pada Liga 2 2018. Grup ini bukan saja bercokol tim dengan pemain berkualitas. Tapi juga butuh dana besar untuk singgah dari satu tempat ke tempat lain.

Dari 12 kontestan, ada lima tim Jawa Timur. Mulai Pakindo Mojokerto Putra, Madura FC, Persegres Gresik, Semeru FC Lumajang dan Blitar United. Ada pula dua wakil DIY, PSIM Jogja dan PSS Sleman.

Tiga perwakilan datang dari pulau Kalimantan, yakni Kalteng Putra, Persiba Balikpapan serta Martapura FC. Dan terakhir dari pulau Papua, PSBS Biak dan Persiwa Wamena.

Persiba yang baru musim ini bermain di Liga 2 tetap jadi unggulan. Mereka banyak mendatangkan pemain berkualitas musim ini. Diantaranya Hapidin, Dimas Galih dan Rossi Noprihanis. Andalan musim lalu, seperti Siswanto dan Yus Arfandi pun masih jadi bagian Beruang Madu.

Penggawa Mojokerto Putra saat berduel dengan pemain Borneo FC dalam uji coba di Stadion Segiri Samarinda, Minggu (18/3/2018). Foto : Istimewa/realarul

Selain itu, ada pula Kalteng Putra dengan sederet pemain ternama. Mulai Taufik Kasrun, Zulvin Zamrun, Michael Orah, Michael Rumere, Zaenal Haq hingga Joko Sasongko. Rumere sendiri musim ini tetap bertahan, meski sangat diinginkan Persib Bandung.

Pelatih Pakindo MP, Jamal Yastro punya pandangan tersendiri soal persaingan grup timur. Dia menilai tim-tim yang ada di grup timur identik dengan permainan penuh semangat. Bukan tak mungkin duel-duel keras akan tersaji sepanjang pertandingan nanti.

Pelatih berlisesnsi B AFC tersebut mewaspadai Madura FC, PSS Sleman, Persiba, Kalteng Putra dan Martapura FC. Tim-tim itu begitu getol mendatangkan eks Liga 1. Namun tim lain, seperti PSBS dan Persiwa yang musim lalu melaju ke babak 16 besar Liga 2 tetap dipantau terus.

“Semua tim punya peluang untuk lolos. Tapi memang tim-tim seperti PSS, Kalteng atau Madura punya persiapan dan materi bagus. Martapura, Persiba juga. Mereka berambisi untuk ke Liga 1,” terang Jamal Yastro kepada KAMPIUN.ID, Selasa (10/4/2018).

“Grup timur identik dengan permainan keras. Saya pikir tim mana yang paling siap mempersiapkan pertandingan, dia yang akan lolos ke fase berikutnya. Kita akan fokus pertandingan ke pertandingan. Saya yakin bisa lolos ke fase berikutnya,” lanjutnya.

Jamal berharap Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi bisa segera merilis jadwal Liga 2. Hal itu penting untuk pelatih menyusun program sebelum dan sepanjang kompetisi.

Nofik Lukman Hakim