Liga 2 Mungkin Baru Dimulai 21 April, Pelatih Cilegon United Senang

Cilegon United. Desain: Jaladwara

CILEGON – Belum diketahui kapan kompetisi Liga 2 2018 akan dimulai. Kabar terbaru yang didapat klub, kompetisi yang diikuti 24 klub ini baru akan dimulai 21 April mendatang.

Belum ada keterangan pasti tentang info tersebut. Ada pula yang menyebut Liga 2 akan digelar 14 April. Namun tanggal itu sangat sulit terealisasi mengingat manager meeting saja belum digelar PT Liga Indonesia Baru selaku operator.

Tak semua tim kecewa bila jadwal kembali mundur, dari awalnya akhir Maret, 7 April, 14 April dan kini 21 April. Jadwal mundur membuat tim punya waktu untuk berlatih dan berburu pemain lagi.

Salah satunya pelatih Cilegon United, Imam Riyadi. Pemain yang dikenal lewat penalti panenka ini baru saja menyelesaikan kursus lisensi B AFC. Imam pun ternyata baru mendampingi tim, empat hari sebelum uji coba lawan Timnas Jepang U-19, 22 Maret lalu.

“Sejujurnya ya saya senang kalau benar dimulai 21 April. Saya jadi punya waktu untuk mempersiapkan lagi. Karena saya baru dampingi tim saat uji coba lawan Jepang U-19, Kopassus dan Blitar United. Masih ada yang perlu dibenahi lagi,” terang Imam Riyadi kepada KAMPIUN.ID, Selasa (3/4/2018) siang.

Imam mengatakan timnya saat ini baru memiliki 22 pemain. 60 persen diantaranya merupakan pemain baru, namun banyak pula yang sebelumnya pernah jadi bagian Cilegon United. Jadi untuk adaptasi tidak terlalu sulit.

Namun Imam masih punya keinginan untuk menambah lagi. Bisa di posisi penjaga gawang, penyerang atau bisa juga gelandang. Tapi kualitas pemain yang didatangkan harus jauh lebih baik dari yang ada sekarang.

“Tapi kita juga perlu berpikir tentang anggaran jika tambah pemain. Kan musim ini kompetisi lebih panjang. Letak geografis antar tim juga lebih jauh. Kalau tambah pemain kan biaya pasti lebih besar,” jelasnya.

“Kalau memang sulit dapat yang lebih bagus, ya kita maksimalkan yang ada sekarang. Kita maksimalkan pemain yang bisa lebih dari satu posisi. Itu lebih efektif,” lanjutnya.

Sejauh ini tahap kesiapan tim baru di level 60-70 persen. Masih ada pemain yang belum paham dengan strategi ala Cilegon United. Hal itu jadi salah satu fokus latihan di waktu tersisa, sembari mencari lawan uji coba.

“Sebenarnya kemarin ada wacana lawan Persik Kendal. Tapi sepaket sekalian lawan Perserang Serang. Pekan lalu kita tidak bisa karena waktunya bersamaan dengan lawan Blitar. Kini giliran Perserang yang jadwalnya tidak bisa. Ya mungkin lawan Persik batal. Kita akan cari lagi, kalau bisa selevel,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim