Lima Pelatih Asing Lamar Madura FC

Madura FC saat menghadapi PSBS Biak di Stadion Cendrawasih, Biak Numfor. Foto : Dok PSBS Biak

Lebih dari 30 pelatih menyatakan ketertarikan untuk membesut Madura FC pada kompetisi Liga 2 2019. Lima di antaranya merupakan pelatih asing yang punya pengalaman.

Sepeninggal Salahudin yang pilih hengkang ke Persiba Balikpapan, tim berjuluk Laskar Jokotole ini belum menentukan nahkoda baru. Eduard Tjong sempat disebut-sebut masuk kandidat. Namun pelatih berlisensi A AFC itu ternyata tak sendirian.

Total lebih dari 30 pelatih sudah mengajukan lamaran ke manajemen Madura FC. Lamaran bukan saja datang dari pelatih nasional, namun juga pelatih asing. Hanya saja, Madura FC sejak jauh-jauh hari sudah menutup pintu untuk pelatih asing.

“Kami tetap mencintai pemain dan pelatih yang lahir di rahim Ibu Pertiwi. Jadi bisa saya pastikan pelatih Madura FC merupakan pelatih nasional,” kata Manajer Madura FC, Yanuar Herwanto kepada KAMPIUN.ID, Sabtu (20/4/2019).

Yanuar menyebut, pihaknya sudah menetapkan kriteria khusus untuk mengisi jabatan pelatih kepala. Madura FC ingin memilih pelatih yang pernah menukangi klub kasta tertinggi.

“Soal lisensi A AFC atau AFC Pro tentu kita pertimbangkan. Tapi track record di klub sebelumnya lebih penting. Kita ingin yang pernah pegang klub Liga 1, syukur-syukur pernah pegang Timnas, itu lebih enak,” tutur Yanuar.

Baca Juga  Wajibkan Pemain Miliki Paspor, Ini Penjelasan Presiden Persiraja

“Kita coba fair melihat pelatih. Kalau musim lalu gagal, tapi pernah punya track record bagus bersama klub, kita akan lihat juga. Terkadang pelatih kurang bagus di satu klub, begitu pindah klub lain jadi bagus. Contohnya seperti Djajang Nurdjaman yang di Persib kurang, ketika pindah Persebaya jadi bagus,” lanjutnya.

Eduard Tjong disebut Yanuar masih masuk dalam kandidat. Pelatih yang berdomisili di Kota Solo ini pernah menukangi klub Liga 1, juga membesut Timnas Indonesia U-19.

Pada Liga Super Indonesia 2014 lalu, Eduard Tjong membawa Persela Lamongan masuk babak 8 besar. Padahal Laskar Joko Tingkir sama sekali tak diunggulkan.

Namun dalam dua musim terakhir, Eduard Tjong tak mencatatkan prestasi. Pada 2017 lalu, Persis Gotong Royong yang dibesutnya hanya mentok di babak 32 besar Liga 3.

Sementara musim lalu, Eduard Tjong mengundurkan diri setelah Persik Kendal terseok-seok di grup barat Liga 2 2018.

“Untuk pelatih kepala akan kita umumkan secepatnya. Seleksi pemain akan kita lakukan akhir bulan ini atau paling lambat awal bulan depan,” pungkasnya.

Baca Juga  22 Pemain Resmi Bergabung dengan Persiba Balikpapan

Nofik Lukman Hakim