Permainan Persis Solo Belum Memuaskan, Ini Evaluasi Jafri Sastra

Bek kanan Persis Solo, Ade Fanny berusaha melewati hadangan pemain Blitar United dalam uji coba di Stadion Manahan Solo, Rabu (4/4/2018). Foto : Richie Setiawan

SOLO – Permainan Persis Solo belum sesuai harapan meski menang 1-0 atas Blitar United dalam uji coba di Stadion Manahan Solo, Rabu (4/4/2018). Namun hal itu tak membuat pelatih Jafri Sastra kecewa.

Laskar Sambernyawa menurunkan 18 pemain secara bergantian. Babak pertama, Persis Solo menurunkan Galih Sudaryono, Soni Setiawan, Asyraq Gufron, Ikhwan Ciptady, Ade Fanny, M Wahyu, Heru Setiawan, Chandra Waskito, Dedi Cahyono, Jalwandi dan Handoko.

Sementara pada babak kedua Bayu Andra, Sunarto, Johan Yoha, Dedi Tri Maulana, Eli Nasoka, Oki Derry dan Roni Saputra masuk secara bertahap.

Pada paruh pertama, permainan tak berkembang. Ade Fanny beberapa kali telat merespon umpan rekannya. Sementara Chandra Waskito dan Dedi Cahyono tak banyak merepotkan pertahanan Blitar United.

Pun juga dengan Jalwandi yang sebenarnya berperan sebagai playmaker, namun tak begitu berjalan. Tri Handoko yang kurang mendapat suplai bola jadi tak maksimal. Dia bahkan kerap menjemput bola sampai ke belakang.

Jafri Sastra mengatakan pada laga uji coba pertamanya ini dia masih memberi kesempatan pada semua pemain. Hal sama mungkin juga akan dilakukan saat lawan Persijap Jepara, Minggu (8/4/2018).

“Pada babak pertama permainan tidak sesuai dengan pola yang saya inginkan. Baru pada babak kedua pola yang saya inginkan bisa diperagakan. Memang belum 100 persen, baru kisaran 30-45 persen. Ini pertandingan pertama bersama saya, masih butuh proses,” terang Jafri Sastra dalam jumpa pers usai pertandingan.

Jafri pun menjelaskan alasan menurunkan hampir seluruh pemain dalam laga ini. Dia mengaku masih butuh waktu untuk melihat siapa yang layak untuk masuk skuad utama. Pasalnya dia ingin tak ada perbedaan mencolok antara tim utama dan kedua.

“Belum ke kerangka (tim inti). Semua pemain masih saya beri kesempatan untuk tampil. Saya amati permainan mereka dalam proses latihan,” lanjutnya. “Saya juga masih butuh tambahan pemain lagi,” ucapnya.

Nofik Lukman Hakim