Persija Jakarta Kembali Buat Bangga Indonesia

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic. Foto : Official Website The-AFC

JAKARTA – Persija Jakarta akhirnya bisa mengharumkan nama Indonesia. Hal itu lantaran Persija jadi wakil Indonesia satu-satunya yang bertahan di Piala AFC 2018.

Tim Macan Kemayoran lolos ke babak semifinal zona Asean Piala AFC 2018 usai menaklukkan tuan rumah Tampines Rovers dengan skor meyakinkan 4-2 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (24/4/2018) malam.

“Terima kasih atas pujiannya. Tim kami menang karena bermain kompak. Para pemain sudah bekerja keras dan hasil 2-4 adalah hal yang fair meski kami kehilangan Jaime di babak pertama karena cedera engkel,” ujar pelatih Stefano Cugurra yang dilansir dari situs resmi PSSI.

Sementara itu torehan ini membuat Persija menjadi juara grup H dengan 13 poin. Poin ini tidak dapat dikejar oleh dua pesaing terdekat yakni Johor Darul Takzim (JDT) dan Song Lam Nghe An (SLNA). Kedua tim itu hanya mampu mengoleksi sepuluh poin.

Selain Persija, tim lain yang memastikan lolos ke semifinal zona Asia Tenggara adalah Ceres Negros (Filipina) yang menjuarai grup F, dan Yangon United (Myanmar) dari grup G. Satu tim lain yang masih berpeluang besar lolos dengan status runner-up terbaik, yakni Home United (Singapura) dan SLNA. Keduanya sama-sama mengoleksi nilai 10, namun selisih gol Home United lebih bagus.

Home United akan lolos jika pada laga terakhir bisa menang atau menahan imbang Ceres Negros. Sementara SLNA akan lolos jika Home United kalah telak 0-5 dari Ceres. SLNA akan unggul selisih gol memasukkan. Untuk zona semi-final ASEAN akan digelar dalam dua leg, pada 8 dan 15 Mei atau 9 dan 16 Mei.

Satu wakil Indonesia lainnya, Bali United dipastikan tidak lolos. Meski bisa menjadi runner-up grup G, poin maksimal yang bisa didapat Bali United hanya delapan.

Dilain sisi dalam laga melawan wakil Singapura kemarin, Persija memang wajib menang untuk mengamankan posisinya di semifinal.

Walau main di luar kandang, tapi dukungan Jakmania yang hadir jauh-jauh dari Jakarta ke Singapura dnegan jumlah ratusan orang membuat semangat berlebih anak-anak ibu kota.

Harapan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba di menit ke 23. Umpan silang Riko jatuh di kaki Rezaldi yang berdiri di tiang jauh, dengan sekali keeping, Bule lepaskan sepakan keras kaki kanan! Persija unggul lebih dulu 1-0 atas Tampines.

Namun keunggulan Persija hanya bertahan empat menit. Tampines membalas lewat kepala Webb yang gagal dihalai Andritani, yang membuat laga menjadi imbang 1-1.

Bintang Persija Marko Simic kembali pasang aksi. Dirinya membawa Persija unggul. Sodoran matang dari Riko yang menyusup dari sisi kanan langsung disambar oleh Simic di mulut gawang!

Unggul 2-1 di babak pertama, ternyata belum membuat anak-anak Jakarta puas. Baru enam menit babak kedua berjalan, Persija menggandakan skor 3-1 melalui Novri Setiawan.

Riko kembali memimpin serangan balik Persija dengan cepat, ia sodorkan bola ke tengah kotak di mana Novri berdiri tanpa kawalan. Tanpa kesulitan, Novri pun tambah keunggulan Persija 3-1.

Pada menit ke-72, Addison Alves yang baru masuk di babak kedua berhasil menambah skor. Bawa bola sendirian dari sisi kiri, Addison lantas masuk ke tengah dan lepaskan sepakan keras!! Persija pun tambah keunggulan menjadi 4-1.

Tampines memperkecil kedudukan menjadi 4-2 di menit ke-82 melalui Fazrul. Sundulannya di tiang jauh sempat berbelok arah mengenai Gunawan hingga akhirnya bersarang di gawang Andritany. Tampines 2-4 Persija. Skor ini pun jadi skor akhir laga ini.

Pelatih Persija mengakui sangat bangga dengan perjuangan anak asuhnya yang bermain solid selama 90 menit. Walaupun Teco gusar karena satu pemain bintangnya mengalami cedera, yakni Jaimerson da Silva yang harus diganti Gunawan Dwi Cahyo pada menit ke-34.