PSS Sleman Resmikan Batata, Perburuan Pemain Asing Rampung

Batata saat mengadang pergerakan Brian Ferreira dalam sesi latihan PSS Sleman di Lapangan Bercak, Selasa (9/4/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

PSS Sleman merampungkan proses perburuan pemain asing dengan mengontrak Guilherme Felipe de Castro. Mantan gelandang Timnas Brazil U-17 ini diikat dengan durasi kontrak semusim.

Diikatnya pemain yang akrab disapa Batata ini melengkapi penggawa asing tim Elang Jawa. Sebelum kedatangan Batata, PSS Sleman sudah memiliki bek asal Spanyol, Alfonso de la Cruz, gelandang berpaspor Irak, Brian Federico Ferreira serta penyerang asal Ukraina, Yevhen Bokhasvili.

Alfonso dan Brian bahkan sudah tampil saat Piala Presiden 2019. Keduanya memberikan kontribusi positif pada permainan tim, meski PSS Sleman harus puas langkahnya terhenti di fase grup.

“Betul, dia (Batata) hari ini sudah teken kontrak semusim di PSS, ben gek ndang rampung,” ucap Chief Executive Officer (CEO) PSS Sleman, Soekeno, Rabu (10/4/2019).

Batata adalah salah satu talenta terbaik di Timnas Brasil U-17 pada satu dekade silam. Terbukti, ia tidak tergantikan dalam tiga pertandingan Grup B Piala Dunia U-17 2009 melawan Swiss, Meksiko, dan Jepang.

Saat itu, ia membela skuat Selecao Muda bersama Alisson Becker (Liverpool), Philippe Coutinho (Barcelona), Neymar (PSG), Casemiro (Real Madrid). Bahkan, pada kemenangan 3-2 Brasil atas Jepang, Batata turut menyumbang satu gol.

Baca Juga  Persis Solo Berhomebase di Madiun, Persis Fans Semakin Rindu Euforia di Manahan

Sebelum menuju ke Sleman, Batata sempat bermain bersama Gokulam FC di Liga India. Ia tercatat memainkan sebanyak 16 pertandingan.

Namun, karena insiden tidak sopan terhadap wasit, ia mendapat hukuman larangan bermain di India selama setahun. Kedatangan dirinya ke PSS Sleman pun diharapkan bisa menjadi lembaran baru bagi gelandang berkaki kidal tersebut.

Bermain di PSS Sleman dirasa tidak akan sulit bagi Batata, mengingat atmosfer sepak bola India dan Indonesia tidak jauh berbeda karena sama-sama berasal dari kawasan Asia.

Nofik Lukman Hakim | Febri Aldi