Rafael Silva Bawa Barito Putera Kalahkan Badak Lampung

Penyerang Barito Putera, Rafael Silva saat tampil dalam uji coba lawan Badak Lampung FC di Lapangan sepak bola Yogyakarta Independent School (YIS), Mlati, Sleman, Rabu (24/4/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Rafael Silva dos Santos kembali menjadi penentu kemenangan Barito Putera. Kali ini, penyerang asal Brazil ini membawa Laskar Antasari mengalahkan Badak Lampung FC 1-0 dalam partai uji coba di Lapangan sepak bola Yogyakarta Independent School (YIS), Mlati, Sleman, Rabu (24/4/2019) sore.

Rafael menjebol gawang Badak Lampung yang dikawal Dikri Yusron pada babak pertama. Gol ini menjadi yang kedua setelah Rafael Silva sembuh dari cedera.

Sebelum ini, satu gol Rafael juga membawa Barito Putera mengalahkan PSIM Jogja 1-0 dalam uji coba di Lapangan AAU Yogyakarta, 13 April 2019 lalu.

Dalam laga tertutup ini, Rafael mengisi barisan depan bersama Samsul Arif Munip, Rizky Pora serta Yacob Sayuri. Eks penyerang Cruzeiro dan Vasco Da Gama ini menyisir sisi kanan pertahanan Badak Lampung. Kerap kali pergerakan Rafael juga membuka celah bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol.

Kinerja Rafael ditunjang tiga gelandang muda, Evan Dimas Darmono, Muhammad Rafi Syarahil dan Paolo Sitanggang. Secara keseluruhan, tak banyak pergantian yang dilakukan Barito Putera. Mereka menjalankan uji coba ini seperti layaknya bertarung di kompetisi.

Baca Juga  Latihan Terbuka PSIM Jogja Dipadati Ratusan Suporter Setianya

Kondisi berbeda dilakukan Badak Lampung. Pelatih kepala Jan Saragih menurunkan dua tim berbeda dalam dua babak. Empat pemain asing baru diturunkan pada babak kedua. Hampir seluruh pemain mendapatkan menit bermain.

Selain sebiji gol dari Rafael, kedua tim sejatinya sama-sama mempunyai peluang mencetak gol. Baik Francisco Wagsley Torres dan Fernandinho dari Badak Lampung maupun Samsul Arif dari Barito Putera. Namun hingga bubaran, skor tetap 1-0 untuk Barito Putera.

Pelatih Barito Putera, Jacksen Tiago, mengatakan ada sederet evaluasi yang perlu ditingkatkan lagi dalam latihan. Salah satu yang disoroti Jacksen yakni kurangnya koordinasi antarpemain saat pressure lawan.

“Kadang kita memberi ruang terlalu banyak pada pemain lawan saat di pertahanan kita maupun di daerahnya. Pressure kita tidak terkoordinir, perlu kita tingkatkan lagi,” ucap Jacksen Tiago usai pertandingan.

Ada dua hingga tiga uji coba yang akan dilakukan Barito Putera. Kemungkinan besar laga ini akan kembali digelar tertutup, lantaran sulitnya memperoleh izin dari pihak keamanan. Ada beberapa klub yang disebut Jacksen terbuka untuk diajak uji coba.

Baca Juga  Bomber Persik Kediri Kembali Dipanggil Timnas U-22

“Kalau uji coba tertutup, kita dapat aspek teknis. Dari aspek psikologis pengaruhnya ada, tapi tidak sebesar kalau stadion penuh,” tuturnya.

“Kita ada dua atau tiga uji coba lagi. Kita masih komunikasikan,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim