Seleksi Tahap Pertama Timnas U-19 Berakhir, Pemain Yang Lolos Masih Dirahasiakan

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini saat hadir dalam sesi jumpa pers di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/9/2018). Foto : Bani Maryanto

Seleksi pemain tahap pertama untuk tim nasional U-19 akhirnya telah usai. Sebelumnya seleksi ini sudah digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada 23 hingga 28 April 2019.

Seleksi ini sendiri diikuti 43 pemain untuk dipilih oleh pelatih kepala Fakhri Husaini. Namun, mantan juru taktik tim nasional U-16 itu belum mau mengumumkannya siapa saja yang lolos.

”Sudah ada pemain yang saya kantongi, tapi masih belum mau saya umumkan karena saya tahu mereka harus bersaing juga dengan beberapa pemain nanti,” ucap Fakhri.

Fakhri menilai seleksi tahap pertama ini membuatnya cukup puas.

“Saya juga sudah menemukan pemain dan lebih dari 11 pemain yang saya lihat dari sini. Mereka berpeluang besar untuk saya panggil kembali dalam pemusatan latihan nanti,” katanya.

Dalam mencari pemain, Fakhri Husaini tidak meninggalkan empat aspek wajibnya. Teknik, fisik, taktik dan mental tetap menjadi pedomannya dalam memilih pemain yang akan menjadi asuhannya dalam tim nasional U-19 kedepan. Hal tersebut sama seperti yang dia terapkan saat menukangi timnas U-16.

Ada satu catatan dalam seleksi pertama ini, yaitu di penjaga gawang.

“Ada beberapa kekurangan terutama di masalah penjaga gawang. Saya masih perlu melihat pemain-pemain lain yang kemungkinan bisa saya panggil untuk seleksi lagi,” ujar Fakhri.

Pelatih yang sukses membawa beberapa gelar untuk timnas U-16 itu berharap akan mendapatkan kesempatan kembali untuk menyeleksi pemain. Setelah ini dia akan memantau langsung tim Garuda Select di Inggris, yang rencananya akan berangkat tanggal 29 April 2019.

“Saya berharap ada seleksi lagi untuk tahap kedua dan saya berharap ini setelah lebaran bisa kami lakukan, kemungkinan tim dari Garuda Select yang akan ikut seleksi nanti,” tuturnya.

Timnas Indonesia U-19 ini nantinya akan berlaga pada Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam. Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang.