Semen Padang Sempat Buat Malu Persis Solo di Manahan 6-1

Bek kanan Persis Solo, Ade Fanny berusaha melewati hadangan pemain Blitar United dalam uji coba di Stadion Manahan Solo, Rabu (4/4/2018). Foto : Richie Setiawan

PADANG- Klub Semen Padang akan menjadi lawan Persis Solo di laga pembuka Liga 2 2018, yang akan digelar di Stadion Manahan Solo, 21 April mendatang.

Laga ini jelas akan jadi laga pertaruhan kedua tim. Persis yang menjadi tuan rumah jelas enggan untuk kalah di rumah sendiri, begitu juga dengan Semen Padang yang pasti siap unjuk gigi dengan labelnya sebagai mantan peserta Liga 1 musim lalu.

Bicara soal Semen padang di Stadion Manahan, ternyata Persis Solo sempat berduka pada tahun 2016 silam. Saat uji coba pramusim jelang bergulitnya ISC-B 2016, ternyata Semen Padang sukses menang telak dari Laskar Sambernyawa di depan pendukungnya, dengan skor 6-1.

Lima ribuan Pasoepati yang melihat laga uji coba ini jelas kecewa berat saat itu. Gol bayu Andra di menit ke-33’ tidak bisa membantuk tim Persis meraih kemenangan di laga ini. Usai gol dari tuan rumah tersebut, Semen Padang sukses menunjukkan tajinya.

Trio asing Semen Padang Cacio de Jesus, Diego dos Santos dan Marcel Sagramento jadi kunci kebangkitan klub asal Sumatera tersebut.

Gelandang Diego dos Santos yang sempat 2014 silam dicoret oleh Persis saat seleksi digelar, ternyata pasang aksi. Dirinya sykses mencetak gol di menit ke-42, usai sepakan kerasnya gagal didiantisipasi dengan baik oleh kiper Persis, Afif Bayu.

Di awal babak kedua, serangan Semen Padang terus mengalir deras. Lagi-lagi sepakan keras Diego dos Santos dari luar kotak penalti berbuah gol.

Pada menit ke-50, penyerang Nur Iskandar menambah gol untuk mengubah skor jadi 3-1, sebelum Vendry Mofu menambah gol jadi 4-1, semenit kemudian. Penyerang pengganti Semen Padang, Christopher Sibi juga turut menyumbang gol di menit ke-79, sebelum Marcel Sagramento membuat kedudukan jadi 6-1 di menit 85.

Hingga wasit Agus Joko dari Magelang meniup peluit tanda laga berakhir, skor tetap 6-1 untuk kemenangan Semen Padang.

Cerita di atas jelas jadi peringatan besar bagi Persis untuk berhati-hati. Walaupun dari sisi komposisi jelas Semen Padang yang dulu berbeda dengan yang akan mereka hadapi 21 April mendatang. Tak ada lagi pemain asing di tim ini, Riko Simajuntak yang jadi aktor di laga inipun kini sudah berpindah jersey ke Persija Jakarta.

Pelatih Persis Solo Jafri Sastra sendiri menilai ada beberap pemain kunci Semen Padang yang masih bertahan. Walau begitu masuknya beberapa pemain baru seperti Rachmat Afandi, Mardiono, hingga pemain lainnya juga akan membuat permainan Semen Padang musim ini cukup membahayakan.

”Musim ini mereka sudah menjalani uji coba hampir 21 kali. Hasilnya juga cukup memuskan. Jadi kalau saya lihat kekompakan pemain sudha terbentuk, dan tim ini sudah benar-benar siap menatap Liga 2 2018,” terang Jafri Sastra kepada Kampiun.ID