Tanggapan Lucu Jacksen Tiago Soal Mundurnya Liga 1 2019

Pelatih Barito Putera, Jacksen Tiago saat memberikan intruksi pada pemain. Foto : Nofik Lukman Hakim

Pelatih Barito Putera Jacksen Tiago tak menunjukkan sikap terkejut saat mengetahui jadwal kompetisi Liga 1 2019 mundur sepekan. Ia justru mengingatkan awak media tentang ucapan “skill bunglon” yang wajib dimiliki pelatih di Indonesia.

Kompetisi strata tertinggi yang sejatinya dimulai 8 Mei, akhirnya mundur jadi 15 Mei 2019 mendatang. Perubahan ini disebut atas permintaan sponsor. Ada pula klub yang kesulitan menggelar laga pada 8 Mei nanti.

Jacksen menyebut perubahan ini sudah sesuai prediksinya. Ia sejak awal sudah meyakini akan ada perubahan jadwal kick off Liga 1 2019.

“Saya tidak kaget. Mungkin kalau ada orang yang tidak kaget dengan kabar ini adalah saya. Karena sejak awal saya sudah bilang, pasti ada perubahan. Ingat kan dulu saya pernah bilang apa?,” kata Jacksen Tiago saat ditemui di lapangan sepak bola Yogyakarta Independent School (YIS), Mlati, Sleman, Rabu (24/4/2019).

Saat hadir di Jogja pada akhir Januari lalu, Jacksen menyinggung soal skill bunglon yang dimilikinya. Dengan 25 tahun berkarir di Indonesia, Jacksen sudah terbiasa dengan adanya perubahan yang sangat mendadak.

Menurut Jacksen, perubahan yang selalu terjadi di Indonesia merupakan bagian dari sebuah budaya. Seorang pelatih dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kompetisi di sebuah negara.

“Saya tanggapi dengan santai saja. Kalau stres dengan perubahan itu, kita sendiri yang pusing. Makanya saya bilang, saya pelatih bunglon, harus bisa adaptasi dalam situasi apapun,” ucap Jacksen pada 30 Januari 2019.

Namun begitu, Jacksen berharap ada perbaikan pada musim mendatang. Bila kompetisi terus diundur, pemilik klub akan terbebani dengan biaya tim yang tinggi.

“Kita tahu kesulitan PSSI, tapi PSSI juga harus membuat klub tidak terbebani seperti saat ini. Kasihan tim, bukan pelatih saja, tapi pemilik klub. Mereka bayar pemain, seharusnya kontrak setahun, nanti diperpanjang lagi. Hal seperti ini saya rasa tidak perlu terjadi lagi, setelah sekian tahun kita punya hal-hal yang sama,” tutur Jacksen.

Barito Putera dalam draft jadwal akan mengawali kompetisi dengan menghadapi PSIS Semarang. Dalam draft awal, kedua tim akan bertanding di Banjarmasin pada 14 Mei 2019. Dengan kepastian mundur sepekan ini, pertemuan kedua tim mungkin akan dihelat pada 21 Mei 2019.

Nofik Lukman Hakim