Terobosan Baru PSSI, Tahun Ini Akan Digulirkan Liga 1 Putri

Penggawa Jakarta 69, Zahra Muzdalifah berusaha lepas dari kawan pemain lawan. Foto : Nofik Lukman Hakim

Liga 1 bukan kategori putra saja. Pada tahun ini kategori putri juga akan dihelat. Minimal ada enam klub yang akan berpartisipasi pada tahun perdana ini.

Rencana menggulirkan Liga 1 Putri diungkapkan sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. Untuk persiapan Liga dan pengembangan sumber daya manusia (SDM)-nya, PSSI akan bekerja sama dengan Federasi Sepak bola Australia (FFA).

“Beberapa waktu lalu, perwakilan dari FFA sudah berada di Sawangan untuk melihat timnas putri Indonesia. Kita prioritaskan untuk persiapan Liga 1 Putri dan Timnas Senior Putri menuju SEA Games. Selain itu timnas putri kita saat ini juga sedang mengikuti babak kedua kualifikasi olimpiade 2020 di Myanmar,” ucap Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria dalam laman resmi PSSI.

Pada tahun 2019, kompetisi yang nantinya dibangun, dimulai dengan bebas usia seiiring dengan Piala Pertiwi di tingkat Provinsi. Tahun 2020, direncanakan untuk kompetisi putri di kategori usia muda.

Diharapkan dengan kompetisi yang sehat, maka dapat memperkuat lahirnya Timnas Senior putri dan Timnas junior putri yang lebih siap.

“Kompetisi ini baru akan kita bangun rencananya di September mendatang. Kita akan memulai dengan sekurang-kurangnya enam klub liga 1 yang akan berpartisipasi,” jelas Tisha.

Nofik Lukman Hakim