Begini Tanggapan Menpora Imam Nahrawi Soal Kinerja Wasit Liga 1

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat menjawab pertanyaan dari awak media saat hadir di Stadion Sriwedari Solo, Selasa (13/3/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

SOLO – Kompetisi Gojek Liga 1 memasuki pekan ke-10. Berbagai catatan dan sorotan tertuju pada kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air.

Banyak sanksi di berikan komdis PSSI ke pada pemain, panpel, official, suporter, ternyata dianggap bermuara dari kecewanya pihak tersebut pada kinerja wasit, yang dianggap mereka berat sebelah.

Kinerja wasit dalam memimpin tugas di lapangan masih akan menjadi evaluasi utama. Hal tersebut juga ditegaskan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

“Saya juga masih dengar banyak keluhan soal kinerja wasit dari berbagai klub. Ini jadi catatan untuk diperbaiki agar lebih baik,” ungkap Imam Nahrawi

Publik mungkin masih hangat soal gol kontroversial saat Persela Lamongan mengalahkan Persija Jakarta di pekan kesembilan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018).

Kontroversi gol tersebut disebabkan karena Diego Assis memasukkan bola dengan menggunakan tangannya.

Berawal dari tendangan salto Diego Assis yang membentur tiang gawang, bola rebound yang meninggalkan gawang disodoknya dengan tangan ketika terjadi perebutan bola dengan Daryono. Imam mendesask perbaikan dan menginginkan adanya evaluasi dari berbagai aspek terkait Liga 1.

“Memang perlu ada evaluasi, nanti setelah jeda kompetisi harus ada evaluasi tital. Selain wasit, kebersamaan antarsuporter juga masih kurang,” tegasnya.