Dikalahkan Aceh United 1-2, Persis Solo Masih Puncaki Grup Barat

Startng eleven Persis Solo saat melawan Semen Padang di Stadion Manahan Solo, Senin (23/4/2018). Foto : Richie Setiawan

BANDA ACEH – Persis Solo harus mengakui keunggulan Aceh United 1-2 dalam pertandingan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (5/5/2018). Meski kalah, koleksi enam poin dan surplus empat gol masih membuat Laskar Sambernyawa aman di puncak klasemen grup barat.

Permainan kurang menarik tersaji pada babak pertama. Persis Solo yang merombak skuad utama terlihat lebih menunggu di sektor tengah. Serangan balik lewat bola panjang ke arah Tri Handoko tak maksimal.

Aceh United sebagai tuan rumah tampil lebih menyerang. Memaksimalkan umpan-umpan pendek, beberapa kali upaya memburu gol coba dilakukan. Hanya memang serangan bertubi-tubi itu dengan mudah dipatahkan barisan belakang Persis Solo. Babak pertama berkesudahan 0-0.

Permainan menarik baru diperlihatkan kedua tim pada paruh kedua. Persis Solo memasukkan Johan Yoga dan Eli Nasoka, menggantikan Azka Fauzi serta Jalwandi. Serangan yang dilakukan Laskar Sambernyawa terlihat lebih terarah.

Gol akhirnya didapat Persis Solo lewat skema serangan balik cepat menit 61. Terobosan Eli Nasoka dari sektor kiri pertahanan Aceh United diteruskan Dedi dengan sepakan keras yang gagal diantisipasi Rully Desrian.

Gol itu langsung direspon cepat Aceh United. Mereka bertubi-tubi melancarkan serangan. Gol penyama kedudukan akhirnya tercipta lewat kaki Syakir Sulaiman menit 63. Tendangan mantan pemain Sriwijaya FC itu sukses menjebol gawang Persis yang dikawal Galih Sudaryono.

Empat menit berselang, Aceh United malah berbalik unggul. Wasit menganggap terjadi pelanggaran saat ada duel di kotak terlarang. Keputusan itu sempat mendapat protes keras dari kubu tim tamu, namun wasit tak bergeming.

Eksekusi Syakir Sulaiman sempat ditepis dengan baik oleh Galih Sudaryono. Namun bola rebound sukses diselesaikan Hendra Sandi Gunawan untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Di waktu tersisa, Persis Solo berupaya mengejar ketertinggalan. Arif Yanggi Rahman kemudian masuk menggantikan peran Tri Handoko. Namun masuknya eks PSIS Semarang itu tak mengubah keadaan.

Pada masa tambahan waktu, giliran Aceh United memasukkan Yongki Ariwibowo. Namun begitu, hingga bubaran skor tetap 2-1 untuk keunggulan Aceh United.

Kemenangan ini membuat Aceh United naik satu tingkat ke posisi sepuluh dengan empat poin dan minus dua gol. Sementara Persis Solo aman di puncak klasemen dengan enam poin dan surplus empat gol.

Pada laga berikutnya, Aceh United akan melawan PSIR Rembang di Stadion Harapan Bangsa, Rabu (9/5/2018). Sementara Persis Solo melawan Persiraja Banda Aceh di Stadion H.Dimurthala, Jumat (11/5/2018).

Berikut susunan pemain Aceh United vs Persis Solo :

Aceh United : 

Kiper : Rully Desrian

Bek : Ikhwani Hasanudin, Seftia Hadi, Syahrizal, Zikri Akbar

Tengah : Assanur Rijal, Ferry Komul, Hendra Sandi, M Zulfikar, Syakir Sulaiman

Depan : Arianto

Persis Solo : 

Kiper : Galih Sudaryono

Belakang : Soni Setiawan, Asyraq Gufron, Absor Fauzi, Oky Derry

Tengah : Dedi Cahyono, Bayu Andra, Heru Setiwan, Jalwandi, Azka Fauzi

Depan : Tri Handoko

Nofik Lukman Hakim