Dua Eks Timnas Menanjak, Semen Padang Terus Tebar Ancaman

Irsyad Maulana saat mengikuti sesi latihan di Stadion Manahan Solo, Minggu (22/4/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Semen Padang kini sudah menduduki puncak klasemen grup barat Liga 2 2018. Bukan tidak mungkin, dominasi ini akan terjaga hingga akhir fase grup.

Irsyad Maulana menjadi salah satu faktor yang membuat Kabau Sirah berpeluang melanjutkan tren menang. Pemain yang pernah berbaju Timnas Indonesia ini mulai menemukan sentuhan terbaiknya.

Pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli mengatakan meningkatnya peforma pemain berusia 24 tahun ini terlihat dalam dua laga terakhir lawan Persika Karawang dan Persibat Batang. Irsyad sudah berada di level 80 persen.

“Irsyad pada awal kompetisi belum mengeluarkan permainan terbaik. Ini hal lumrah. Dalam dua laga awal biasanya pemain agak susah menyesuaikan diri dengan nuansa pertandingan (yang baru),” terang Syafrianto kepada KAMPIUN.ID

“Tapi dalam dua pertandingan terakhir sudah ada peningkatakan. Sentuhan bolanya sudah datang lagi. Sudah mencapai level 70-80 persen dari yang diinginkan. Semoga progres ini terus berlanjut,” lanjutnya.

Selain Irsyad, Semen Padang juga terus memantau perkembangan Novrianto. Bek jangkung yang pernah membela Timnas U-23 tersebut mulai kembali dari cedera lutut. Dalam dua laga terakhir, Novrianto sudah kembali turun ke lapangan.

“Novrianto cedera saat lawan Perseru Serui di Padang (Liga 1 2017). Meniskusnya ada robek sedikit. Setelah proses penyembuhan, dalam dua pertandingan sudah saya turunkan. Pertama saya beri 15 menit, kemudian 35 menit. Proses ini akan jalan terus,” tuturnya.

Syafrianto mengaku belum punya rencana menurunkan Novrianto sepanjang pertandingan. Sebagaimana pemain yang baru saja sembuh dari cedera, butuh kesiapan fisik maupun mental untuk bertarung lagi.

“Tidak bisa langsung full main 2×45 menit. Ada banyak kendala nanti. Baik secara mental maupun kondisi fisik. Kita beri kesempatan secara bertahap,” ucapnya.

Selama jeda kompetisi, Semen Padang menjadwalkan dua laga uji coba lawan tim Liga 2. Bila jadi, ajang ini juga menjadi kesempatan Novrianto untuk kembali ke lapangan hijau.

Hanya saja hingga kini Semen Padang belum menjalin kesepakatan dengan klub lain untuk uji coba. “Bisa saja seperti itu (mendapat menit bermain lebih lama),” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim