Dua Laga Tandang Dapatkan Empat Poin, Ini Kata Pelatih dan Manajer PSIM Jogja

Para penggawa PSIM Jogja saat merasakan gol Riskal pada laga lawan PSCS Cilacap di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (31/3/2018). Foto : Richie Setiawan

PSIM Jogja tampil luar biasa dalam dua laga tandang kompetisi Liga 2 2018. Empat poin berhasil didapatkan tim besutan Bona Simanjuntak. Terbaru, Laskar Mataram mengalahkan Persegres Gresik 3-2 di Gelora Joko Samudro, Kamis (10/5/2018) sore.

Raihan empat poin memang tak mengubah posisi PSIM di posisi klasemen sementara grup barat. PSIM masih berstatus juru kunci dengan minus empat poin. Namun raihan dua laga tandang ini memunculkan harapan PSIM untuk lolos dari zona degradasi.

Pelatih PSIM, Bona Simanjuntak mengatakan para pemain mulai bisa bermain lepas. Mereka sudah melepaskan beban atas sanksi pengurangan sembilan poin yang dijatuhkan FIFA.

“Kita bilang supaya mereka enjoy, tampil lepas, lupakan segala masalah. Main enjoy, menikmati permainan. Itu saja yang kita bilang ke pemain,” terang Bona kepada KAMPIUN.ID, Kamis (10/5/2018) malam.

Soal kemenangan di kandang Persegres, Bona menilai skema penyerangan mulai jalan. Intruksi agar gelandang maupun sayap memberikan bola daerah kepada para penyerang berjalan sesuai rencana.

“Kita evaluasi dari lawan Mojokerto, lawan Biak. Kita evaluasi dari situ. Makanya kita intruksikan agar penyerang berlari diantara bek lawan. Kita intruksi gelandang, sayap agar beri umpan tusukan, long pass di belakang bek lawan. Akhirnya kita berhasil,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer PSIM Jogja Erwan Hendarwanto memuji semangat bertanding para pemain. Dia menyebut sanksi pengurangan sembilan poin justru harus dijadikan semangat untuk tampil baik di setiap pertandingan.

“Kita terus memberi pengertian pada mereka agar pengurangan sembilan poin tidak jadi beban. Kita harus terpacu, terus semangat dan membuktikan bahwa kita harus berjuang semaksimalmungkin. Hasil jangan dipikirkan dulu,” ucap Erwan.

“Saat di Biak anak-anak tampil bagus. Ada beberapa peluang tapi belum berbuah gol. Kemudian itu diperbaiki selama di Gresik. Akhirnya hari ini bisa tercipta tiga gol,” lanjutnya.

Nofik Lukman Hakim