Evaluasi PSCS Cilacap Setelah Dua Hasil Imbang

Penyerang PSCS Cilacap, Indra Setiawan berupaya melewati hadangan pemain Persik Kediri dalam uji coba di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Sabtu (18/5/2019). Foto : Media Officer PSCS Cilacap

Pelatih PSCS Cilacap, Ibnu Grahan, bersyukur timnya bisa melakoni uji coba lawan dua kontestan Liga 2 2019, Persewar Waropen dan Persik Kediri. Dua uji coba tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui kualitas Jemmy Suparno dkk.

Uji coba lawan tim selevel sangat dinantikan Ibnu Grahan. Semenjak ditunjuk menggantikan posisi Jaya Hartono, Ibnu Grahan hanya kebagian uji coba lawan tim lokal. Dengan level pemain yang tak berimbang, sulit bagi tim pelatih melakukan penilaian.

Barulah laga kontra Persewar pada Rabu (15/5/2019) dan Persik, Sabtu (!8/5/2019) memberi pencerahan bagi Ibnu Grahan. Kini, pelatih asal Surabaya ini sudah mengetahui kualitas setiap pemain, yang sudah ada di Cilacap sebelum dia bergabung.

“Saya sangat bersyukur ada dua uji coba dalam waktu berdekatan ini. Akhirnya saya bisa tahu kualitas tim saya, baik secara individu maupun grup. Dari situ saya bisa melakukan evaluasi,” kata Ibnu Grahan, Sabtu (18/5/2019).

Kedua laga itu berakhir dengan skor 1-1. Secara hasil akhir, jelas skor imbang tak diinginkan penggemar PSCS. Namun bagi Ibnu Grahan, mengetahui kelebihan dan kelemahan tim lebih penting pada pramusim ini.

“Ada tiga catatan dari hasil dua uji coba ini. Penyelesaian akhir masih lemah, bola rebound selalu kalah dan kebobolan dua gol dari crossing,” jelas Ibnu Grahan.

“Dari dua uji coba ini kita sudah tahu kelemahan dan kelebihan tim. Kita masih ada waktu untuk bagaimana memperbaiki,” lanjut pelatih berlisensi A AFC ini.

Ditambahkan manajer PSCS, Bambang Tujiatno, dua uji coba ini memberi banyak pengetahuan baru bagi tim. Apalagi seluruh pemain sudah diberi kesempatan tampil. Pihaknya meyakini, kekuatan sesungguhnya baru akan terlihat saat melawan Persatu Tuban, Sabtu (25/5/2019) mendatang.

“Semua pemain sudah diberikan menit bermain. Mudah-mudahan pada uji coba ketiga nanti sudah diketemukan formula yang pas,” ucap Bambang Tujiatno.

Nofik Lukman Hakim