Hasil dan Klasemen Pekan Pertama Liga 1 2019, Kejutan PSS Sleman dan Pembuktian Madura United

Aksi gelandang PSS Sleman, Brian Federico Ferreira saat partai lawan Arema FC. Foto : Nofik Lukman Hakim

PSS Sleman bisa dibilang meraih hasil cukup mengejutkan pada pekan pertama Liga 1 2019. Meski di atas kertas tak diunggulkan, skuat besutan Seto Nurdiyantoro bisa mengalahkan Arema FC 3-1, Rabu (15/5/2019).

Kemenangan ini juga memiliki arti lain. Dua pemain asing, Brian Federico Ferreira dan Yevhen Bokhashvili yang sempat diragukan pada pramusim langsung berkontribusi. Keduanya sama-sama mencetak gol pada penampilan perdana di kompetisi Indonesia.

Sayangnya, kemenangan ini dinodai kericuhan antarsuporter. Kejadian ini kemudian berbuntut sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI, berupa denda Rp 200 Juta dan penutupan tribun selatan selama empat pertandingan.

Aksi Madura United pada partai pembuka juga cukup luar biasa. Persela Lamongan yang selama ini dikenal garang di rumahnya, dibabat habis Madura United. Tak tanggung-tanggung, Laskar Sape Kerap menang besar 5-1.

Kemenangan tersebut menjadi sinyal bahwa skuad bintang Madura United akan memberi ancaman pada kompetisi musim ini. Mereka bukan sekadar unggul individu, namun juga unggul secara tim.