Indra Sjafri: Saya Menilai dari Kualitas, Bukan Medsos

SOLO – Indra Sjafri ternyata kembali mendapat kesempatan untuk meracik Timnas Indonesia U-19.

Langkah awalnya di 2018 ini dengan menjalani TC di Jogja, hingga beruji coba di Solo pada Senin (28/5/2018) dan selanjutnya di Sleman pada Sabtu (2/6/2018).

Dari sisi target, Indra Sjafri berharap dirinya bisa membangun Timnas U-19 yang memang jadi ruang pemain terbaik di Indonesia saat ini.

Terget jangka panjangnya adalah berharap bisa membawa Indonesia berkiprah di Piala Dunia U-20.

”Saya akan mengutamakan pembinaan usia muda adalah agar di masa depan, kita tidak lagi terlalu mengandalkan peran naturalisasi. Saya melawan naturalisasi, caranya jelas dengan mencari bibit-bibit muda Indonesia,” ujarnya.

Timnas saat ini memang di dominasi muka-muka lama yang sudah bergabung di timnas pelajar U-15 sampai ke U-19.

”Saya menilai pemain yang pantas bergabung, dilihat dari sisi kualitas permainannya, bukan dari sisi media sosialnya. Saya belum mengarah hingga ke kerangka tim, tahap pertama ini biarkan berjalan mengikuti arus, tahap kedua baru mulai melakukan pencoretan dan penambahanp emain,” terangnya

Dirinya juga mengakui saat ini masih ingin coba-coba komposisi tim dan memandang kualitas si pemain pantas tidak untuk menjadi pemain inti. Laga melawan Persis Solo juga dipastikan akan menjadi langkah percobaan Indra Sjafri untuk melihat kualitas tim yang tengah di bangunnya.

“Di antaranya Asnawi Mangkualam yang akan saya coba pasang di bek kanan, melapis Rifad Marasabessy yang cedera. Intinya ada eksperimen yang akan saya lakukan besok,” terangnya.

Dalam uji coba melawan Persis Solo, ia mengaku masih dalam tahap mengamati para pemain. Jika para pemain memenuhi ekspektasinya, maka akan terus mengikuti TC timnas. Tetapi kalau tak memenuhi, ia akan mencoret pemain tersebut.