Inilah Daftar Peserta Liga 3 2019 Babak Pra Putaran Nasional

Liga 3. Grafis : Jaladwara

Kompetisi Liga 3 2019 kembali menjalani tahapan regulasi. Ada klub yang harus melewati jalur provinsi, ada juga yang sudah duduk manis lebih dulu di babak pra putaran nasional.

Ada 16 klub yang tercatat akan mulai berkompetisi di pra pra putaran nasional. Mereka yang ada di babak Pra Putaran Nasional adalah klub yang musim lalu terdegradasi dari Liga 2 2018, dan ada juga klub yang hampir saja promosi ke Liga 2 2019.

Enam alumnus Liga 2 2018 yang terdegradasi ke Liga 3 2019 ada enam tim. Mulai dari Persik Kendal, PSIR Rembang, Persika Karawang, Persegres Gresik, Semeru FC Lumajang, hingga Persiwa Wamena.

Mereka akan berebut tiket ke babak nasional, yang nanti akan bersaing dengan para jawara di tingkat provinsi. Belum ada kejelasan berapa tiket promosi ke Liga 2 yang akan diperebutkan peserta Liga 3. besar kemungkian jumlahnya sama seperti musim lalu, yakni enam tim.

Kompetisi Pra Putaran Nasional sendiri akan digelar pada bulan Juli sampai Oktober 2019. Waktunya hampir sama dengan kompetisi Liga 3 tingat provinsi.

Babak Pra Putaran Nasional akan diikuti 16 tim yang akan dibagi menjadi 4 grup. Hanya juara dan runner up grup yang lolos ke babak selanjutnya.

Nandi 8 tim yang lolos tersebut akan dibagi lagi menjadi 2 grup. Akan digelar pertandingan dengan sistem home-away. Nantinya peringkat 1, 2dan 3 di dua grup tersebut akan melanjutkan langkahnya

ke babak 32 Besar Nasional Liga 3 2019.

Sementara itu inilah peserta pra putaran nasional Liga 3 2019

  1. Persijap (Jepara, Jawa Tengah)
  2. Persiba (Bantul, DIY)
  3. Persik (Kendal, Jawa Tengah)
  4. PSIR (Rembang, Jawa Tengah)
  5. Persika (Karawang, Jawa Barat)
  6. PSBK (Blitar, Jawa Timur)
  7. Persegres (Gresik, Jawa Timur)
  8. Persinga (Ngawi, Jawa Timur)
  9. Perssu (Sumenep, Jawa Timur)
  10. Semeru FC (Lumajang, Jawa Timur)
  11. Lampung Sakti FC (Lampung)
  12. Solok FC (Solok, Sumatera Barat)
  13. AS Abadi FC (Pekanbaru, Riau)
  14. Celebest FC (Palu, Sulawesi Tengah)
  15. PSN Ngada (Kupang, NTT)
  16. Persiwa (Wamena, Jayapura)